Rancang Bangun Aplikasi Backend Dan Web Services Penyampaian Laporan Masyarakat Berbasis Crowdsourcing Melalui Jejaring Sosial Twitter

Priyambada, Degananda Ferdian (2016) Rancang Bangun Aplikasi Backend Dan Web Services Penyampaian Laporan Masyarakat Berbasis Crowdsourcing Melalui Jejaring Sosial Twitter. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5212100046-undergraduate-theses.pdf]
Preview
Text
5212100046-undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 5212100046-paperpdf.pdf]
Preview
Text
5212100046-paperpdf.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[thumbnail of 5212100046-presentationpdf.pdf]
Preview
Text
5212100046-presentationpdf.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan penduduk di kota Surabaya semakin tahun semakin
meningkat. Tingginya pertumbuhan penduduk sebagai akibat dari
perpindahan penduduk dari desa ke kota untuk mendapatkan penghidupan
yang lebih layak jika dibandingkan dengan desa dan banyaknya
lapangan pekerjaan yang terbuka di Surabaya. Berkembangnya
kota Surabaya menimbulkan berbagai masalah baru mulai
dari kriminalitas , bencana alam, kemacetan, maupun rusaknya
fasilitas – fasilitas umum di penjuru kota Surabaya.
Hal ini Tentunya sangat meresahkan masyarakat Surabaya. Oleh
karena itu tujuan dari tugas akhir adalah membangun sebuah sistem
yang dapat menjembatani antara masyarakat dan pemerintah
kota Surabaya sebagai pemangku kekuasaan agar dapat saling menyampaikan
laporannnya. Melalui aplikasi ini masyarakat dapat
menyampaikan laporannya melalui situs surabaya113.com. Laporan
ini harus disampaikan dengan menyertakan bukti yang berupa
foto agar menyakinkan pemerintah terhadap laporan tersebut. Masalah
lain yang timbul meski terdapat wadah bagi masyarakat Surabaya
untuk menyampaikan laporannya adalah tingkat partisipasi
yang rendah dalam mengunggah laporannya ke situs surabaya113.
Masyrakat Surabaya lebih sering menyampaikan laporannya dax
lam bentuk tweet pada jejaring media twitter sehingga pada sisi
backend aplikasi ini juga akan menyertakan peta persebaran laporan
masyrakat Surabaya yang diambil dari jejaring sosial twitter.
Bedasarkan hasil user acceptance test untuk mediacenter didapatkan
bahwa terdapat 16 jawaban tidak puas dan 62 jawaban
puas dari total dua responden. Bila diperhitungkan rata-rata maka
bisa disumpulkan bahwa tingkat kepuasan responden sebesar
79.5 persen. Sedangkan pada UAT internal yang dilakukan oleh
tim internal didapatkan bahwa terdapat 4 jawaban tidak puas dan
16 jawaban puas. Bila diperhitungkan rata-rata maka bisa disimpulkan
bahwa kepuasan responden sebesar 80 persen.
==========================================================
Population growth in the city of Surabaya is increasing. High population
growth as a result of the movement of people from rural
to urban areas to earn a living more feasible when compared with
the village and the number of jobs open in Surabaya. The growing
city of Surabaya raises new problems ranging from crime, natural
disaster, jamming, or damage to facilities - public facilities throughout
the city of Surabaya.
It is certainly very disturbing society Surabaya. Therefore the aim
of the thesis was to build a system that can bridge between the citizen
and the city government of Surabaya as the holders of power
in order to convey to each other laporannnya. Through this application
the public can submit its report through the site surabaya113.
com. This report must be submitted with proof of that in the
form of a photo in order to convince the government on the report.
Another problem that arises in spite of the forum for the Surabaya
to submit reports is the lowest participation rate in its report to
upload to the site surabaya113. Surabaya society often submits its
report in the form of a tweet on twitter. Therefore, on the backend
of this application will also include a map of the distribution of the
citizen report Surabaya taken from social networking twitter. Based
on user acceptance testing (UAT) 62 answer from mediacenter are
satisfied with our program but only 16 that unsatisfied from two resxii
pondent. When calculated on average it could be inferred that the
satisfaction level of 79.5 percent of respondents. While the internal
UAT carried out by an internal team found that there are four
answers dissatisfied and 16 satisfied answer. When calculated on
average it could be inferred that the respondents’ satisfaction by 80
percent.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSI 006.7 Pri r
Uncontrolled Keywords: jejaring sosial, twitter, crawling, regex, web services
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 09 Oct 2019 01:32
Last Modified: 09 Oct 2019 01:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71053

Actions (login required)

View Item View Item