Simulasi Perubahan Peringkat Webometric Indonesia Yang Dipengaruhi Kondisi Keuangan institusi Pendidikan(Studi Kasus: ITS)

Suryani, Erma and Vinarti, Retno Aulia (2014) Simulasi Perubahan Peringkat Webometric Indonesia Yang Dipengaruhi Kondisi Keuangan institusi Pendidikan(Studi Kasus: ITS). SISFO, 4 (1).

[thumbnail of ITS-Article-20642-SIMULASI_PERUBAHAN_PERINGKAT_WEBOMETRIC_INDONESIA.pdf]
Preview
Text
ITS-Article-20642-SIMULASI_PERUBAHAN_PERINGKAT_WEBOMETRIC_INDONESIA.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview

Abstract

Beberapa Perguruan Tinggi Negeri PTN Indonesia berhasil menempati ranking 100 besar dunia dalam pemeringkatan Repositori Institusional Periode Januari 2011 versi webometrics. Perguruan Tinggi Negeri tersebut diantaranya adalah Institut Teknologi Sepuluh November ITS Surabaya Universitas Diponegoro UNDIP dan Universitas Sumatra Utara USU. ITS menempati urutan ke 64 Undip di urutan 70 sedangkan USU berada pada urutan 91. Untuk peringkat Asia Indonesia menempati peringkat 9 dan hanya tiga Institusi Pendidikan seperti ITB UGM dan UI yang masuk dalam peringkat tersebut. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ITS belum termasuk dalam peringkat webometrics tersebut. Berbekal dengan peringkat webometrics bulan Januari 2011 paper ini bertujuan membuat model simulasi untuk menentukan lama waktu dan jumlah biaya yang diperlukan oleh Institusi ITS agar dapat mensejajari peringkat satu webometric Indonesia. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini ialah dengan membuat simulasi sistem dinamik mengenai peringkat webometrics dan menganalisa dampaknya terhadap aliran kas suatu institusi atau sebaliknya. Keluaran dari penelitian ini berupa program simulasi yang dihasilkan dapat digunakan untuk menganalisa sensitivitas untuk mengetahui kapan suatu institusi pendidikan dapat mencapai peringkat satu webometrics Indonesia bila dilihat dari kondisi alur kas sederhana.

Item Type: Article
Additional Information: Identifier : ITS-Article-52105120000081 Collection ID : 52105120000081
Uncontrolled Keywords: Peringkat Webometric, Simulasi, Alur Kas
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 10 Oct 2019 03:04
Last Modified: 10 Oct 2019 03:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71066

Actions (login required)

View Item View Item