Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Niat Guru Dalam Menggunakan Elearning Di Pendidikan Tingkat Menengah Dengan Menggunakan Technology Accceptance Model

Ravell, Ryan Arnoldi Novellino (2015) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Niat Guru Dalam Menggunakan Elearning Di Pendidikan Tingkat Menengah Dengan Menggunakan Technology Accceptance Model. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5211100107-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dengan semakin berkembangnya pendidikan di dunia, maka berkembang juga metode pembelajaran yang mulai mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu perkembangan metode pembelajaran adalah e-learning. E-learning adalah model pembelajaran yang telah disusun dalam format digital dan diakses melalui perangkat-perangkat elektronik. SMPN 1 Jember merupakan salah satu institusi pendidikan menengah yang ingin menerapkan e-learning. Namun banyak sekali penerapan e-learning yang gagal karena guru tidak menggunakannya. Hal ini disebabkan karena guru merasa bahwa metode pembelajaran e-learning sangat sulit dilakukan, terlalu rumit, dan tidak familiar. Persepsi-persepsi tersebut merupakan penjabaran guru mengenai niat guru untuk elearning. Pada penelitian ini dilakukan analisis niat guru untuk menggunakan e-learning berdasarkan Technology Acceptance Model (TAM) yang memiliki beberapa faktor yaitu perceived ease of use, perceived usefulness, attitude toward use, behavioral intention to use, dan actual system use. Dalam penelitian ini akan ditambahkan 3 faktor eksternal yang berasal vi dari sisi pengguna yaitu experience, facilitating conditions, dan self efficacy. Hasil dari penelitian ini adalah kondisi aktual masingmasing faktor dalam persentase dan korelasi-korelasi antar faktor yang mempengaruhi niat guru. Untuk faktor yang berpengaruh buruk atau memiliki kondisi aktual yang kurang maksimal tetapi signifikan akan diberikan rekomendasi untuk perbaikan. Dengan adanya penelitian ini berguna untuk memberikan gambaran mengenai tingkat penerimaan yang digambarkan melalui niat guru pada implementasi e-learning di pendidikan tingkat menengah dan juga faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi niat guru. Selain itu, penelitian ini dapat membantu SMPN 1 Jember untuk menerima implementasi elearning ini menjadi lebih baik dengan memberikan rekomendasi-rekomendasi untuk meningkatkan niat guru untuk menggunakan e-learning. ====================================================================================================== With increasing education growth in the world, it is also developing new learning method that follow the development of technology. One of the development of learning is by using elearning. E-learning is a learning model that compiled in digital format and are accessible through electronic devices/ SMPN 1 Jember is one of the middle level education institutions that wish to implement e-learning. But an awful lot of the elearning implementation that failed because the teacher no wanting to use it. This is because teachers feel that method of learning with e-learning is very difficult, very complicated and isn’t familiar. That perception is teacher perception regarding the intention of the teacher to e-learning. This research was conducted on the analysis of the teacher’s intention to use e-learning based on Technology Acceptance Model (TAM) which has several factors namely the perceived ease of use, perceived usefulness, attitude toward use, behavioral intention to use, and actual system use. In this research will be added 3 external factors stemming from the user’s side i.e experience, facilitating conditions, and selfefficacy. The results of this research are the actual conditions of each factor in the percentage and correlation-correlation viii between factors influencing teacher’s intentions. Factors that influently bad or insuffiecient actual conditions will be given significant recommendation for improvement. This research is useful for giving idea about user acceptance through teacher’s intention to use e-learning in the middle level education and also any factors that affect the intention of the teacher. In addition, this research can help SMPN 1 Jember to receive this e-learning implementations for the better by providing recommendations to improve teacher’s intention to use elearning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 519.53 Rav a
Uncontrolled Keywords: penerimaan pengguna, penerimaan guru, TAM, E-learning, SEM
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 15 Oct 2019 03:17
Last Modified: 15 Oct 2019 03:17
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/71180

Actions (login required)

View Item View Item