Desain Dan Pembuatan Sistem Pemilihan Minat Studi Berbasis Aturan Bagi Lulusan SMU Dengan Memanfaatkan Fasilitas Xpertrule

Handrianto, Nikodemus (2002) Desain Dan Pembuatan Sistem Pemilihan Minat Studi Berbasis Aturan Bagi Lulusan SMU Dengan Memanfaatkan Fasilitas Xpertrule. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5195100034-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi pada saat ini dalam pemilihan minat studi adalah masih digunakannya sistem pemilihan minat studi dengan cara yang manual/ konvensional tanpa menggunakan bantuan komputer. Kendala dari keadaan ini adalah dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk menganalisis kemampuan diri dari seseorang siswa yang dipergunakan untuk minat studi bagi siswa tersebut. Untuk ini diperlukan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membantu memberikan pemilihan minat studi bagi siswa yang sesuai dengan kemampuan dan minat dari siswa yang bersangkutan. Dalam Tugas Akhir ini dikembangkan perangkat lunak yang menyediakan fasilitas pemilihan minat studi beserta dengan tes kemampuan diri. Tes kemampuan diri yang dibuat digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan diri dari pengguna. Pengumpulan data kemampuan diri dilakukan dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan tes psikologi. Dari hasil pengumpulan data kemampuan diri dapat dilihat kekuatan serta kelemahan dari seseorang, yang meliputi bakat, minat dan kepribadiannya. Selanjutnya dengan data kemampuan diri yang ada tersebut, dilakukan proses pengambilan keputusan pemilihan minat studi yang berbasiskan aturan psikologi. Perangkat lunak yang dibuat telah diujikan kepada sejumlah siswa SMUK Petra 2. Perangkat Iunak yang diujikan terdiri dari perangkat lunak yang erisi beberapa macam tes psikologi, serta perangkat lunak yang digunakan sebagai pengambil keputusan minat studi. Dari hasil uji coba perangkat lunak yang berisi beberapa macam tes psikologi, didapatkan hasil kemampuan dari setiap siswa. Hasil akhir dari pelaksanaan uji coba perangkat lunak adalah saran kepada siswa mengenai bidang minat studi yang sesuai dengan kemampuannya. Saran yang diberikan kepada para siswa selanjutnya dilakukan analisa kernbali oleh pakar psikologi untuk diketahui apakah telah sesuai dengan norma-norma psikologi, dan dinyatakan bahwa saran pemilihan minat studi yang diberikan telah sesuai dengan norma-norma psikologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Han d
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 17 Oct 2019 03:42
Last Modified: 17 Oct 2019 03:42
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/71238

Actions (login required)

View Item View Item