Perencanaan Geometrik Dan Perkerasan Jalan Dengan Flexible Pavement Pada Ruas Jalan Desa Sobo – Desa Munjungan, Proyek Jalur Lintas Selatan Jawa Timur

Pancaningrum, Andithasari (2016) Perencanaan Geometrik Dan Perkerasan Jalan Dengan Flexible Pavement Pada Ruas Jalan Desa Sobo – Desa Munjungan, Proyek Jalur Lintas Selatan Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3114105071-undergraduated-theses.pdf]
Preview
Text
3114105071-undergraduated-theses.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Di Provinsi Jawa Timur mempunyai jaringan jalan di
wilayah utara dan selatan. Pergerakan lalu lintas barang dan
manusia di wilayah utara lebih cepat jika dibandingkan dengan
wilayah selatan. Demi menghilangkan jenjang tersebut, kebijakan
pembangunan Propinsi Jawa Timur diarahkan ke wilayah selatan
melalui pembangunan jalan “Jalur Lintas Selatan (JLS)” Jawa
Timur yang direncanakan sepanjang 654,67 km. Maka dari itu
diperlukan perencanaan geometrik jalan yang paling efektif dan
tebal perkerasan yang cukup. Dalam tugas akhir ini, jalur lintas
selatan yang akan dibahas adalah ruas jalan Ds. Sobo, Kec.
Panggul – Ds. Munjungan, Kec. Munjungan, dengan panjang
14364,35 meter.
Data yang digunakan hanya mencakup data sekunder dari
proyek JLS (Ruas Panggul – Munjungan) yaitu data LHR, data
pengujian tanah, data hidrologi, dan data topografi. Analisis data
menggunakan Manual Desain Pekerasan Jalan 2013, Tata Cara
Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota DPU Bina Marga,
Perencanaan Sistem Drainase Jalan Tahun 2006, Pedoman
Kapasitas Jalan Indonesia 2014, perhitungan analisa biaya
menggunakan Standard Satuan Harga Dasar Konstruksi dan
Analisa Harga Satuan Pekerjaan Dinas Pekerjaan Umum Kec.
Munjungan, Kab. Trenggalek Tahun 2013.
iv
Hasil perencanaan jalan Ds. Sobo-Ds. Munjungan STA
14+400 s/d 28+764,35 didapat alinemen geometrik dengan lebar
jalan 7 meter dan bahu jalan 1,5 meter. Ruas ini membutuhkan
lapis perkerasan AC-WC sebesar 40mm, AC Binder sebesar 60
mm, AC Base sebesar 80 mm, dan LPA sebesar 300 mm.
Perencanaan saluran tepi (drainase) berbentuk trapesium
menggunakan bahan dari tanah asli. Saluran tepi menggunakan
lebar dasar saluran sebesar 0,2 s/d 1,5 meter dan tinggi saluran
0,52 s/d 2,37 meter. Total estimasi biaya adalah Rp
124.776.278.000 (Terbilang: seratus dua puluh empat milyar
tujuh ratus tujuh puluh enam juta dua ratus tujuh puluh delapan
ribu rupiah).
======================================================
In East Java Province has a road network in the north and
south teritory. Traffic movement of goods and people in the north
teritory faster when compared to the south. For the sake of
eliminating the levels, the development policy of East Java
Province directed to the south through the construction of roads
"Jalur Lintas Selatan" East Java is planned along 654,67 km.
Therefore it necessary to planning the most effective geometric
and pavement thickness sufficient. In this thesis, southern trails to
be cobered roads, sobo village, panggul district - munjungan
village, munjungan district with a lenght 14364,35 m.
The data used includes only secondary data of JLS project
(road section Panggul - Munjungan) that is LHR data, soil test
data, hydrocogical data and topographical data. Data analysis
using manual design of pavement road 2013, planning procesure
geometric way inter-city DPU highways, planning drainage
system road 2006, guidliness for the indonesian highway capacity
2014, the calculation of cost analysis using standart unit price
base construction and analysis unit price works public work
department Munjungan district, trenggalek city in 2013.
The result of road planning sobo village - munjungan
village STA 14+400 till 28+764,35 geometric alignment obtained
with a road width of 7 meters and 1,5 meter shoulders. This
vi
segment requires AC-WC pavement of 40mm, AC Binder by
60mm, AC base by 80m and LPA of 300 mm. Planning the edge
channel using materials from the native island. Edge channel
using the basic channel width of 0,2 till 1,5 meter high channel
0,52 till 2,37 meter. The total eatimated cost is IDR
124.776.278.000 (Amount : One hundred and twenty four billion
seven hundred and seventy six million and two hundred and
seventy eight thousand rupiah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.76 Pan p
Uncontrolled Keywords: Geometrik, JLS, Metode Bina Marga, Perencanaan, Perkerasan Lentur, RAB, Trip Assignment, Saluran Tepi Jalan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA440 Concrete--Cracking.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 19 Oct 2019 05:24
Last Modified: 19 Oct 2019 05:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71281

Actions (login required)

View Item View Item