Perancangan Sistem Kendali Manuver Berbasis Logika Fuzzy Untuk Anti Tabrakan Kapal Berdasarkan Nilai DCPA-TCPA

Milatina, Nur Okta (2016) Perancangan Sistem Kendali Manuver Berbasis Logika Fuzzy Untuk Anti Tabrakan Kapal Berdasarkan Nilai DCPA-TCPA. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2412100089-undergraduate theses.pdf]
Preview
Text
2412100089-undergraduate theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2412100089-paperpdf.pdf]
Preview
Text
2412100089-paperpdf.pdf - Accepted Version

Download (769kB) | Preview
[thumbnail of 2412100089-presentationpdf.pdf]
Preview
Text
2412100089-presentationpdf.pdf - Presentation

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini merupakan pengembangan dari penelitian
sebelumnya mengenai perancangan sistem kendali anti tabrakan.
Pada penelitian sebelumnya belum terdapat parameter DCPA
(Distance Closest Point Approach) dan TCPA (Time Closest Point
Approach) sebagai parameter penentu resiko. Tujuan dari tugas
akhir ini adalah didapatkan sebuah rancangan sistem kendali anti
tabrakan kapal berbasis logika fuzzy berdasarkan nilai DCPA dan
TCPA. DCPA merupakan jarak antara titik Closest Point Approach
(CPA) dengan kapal kendali, sedangkan TCPA adalah waktu yang
didapat dari pembagian jarak terhadap kecepatan relatif kedua
kapal. Semakin kecil nilai DCPA dan TCPA merupakan tanda
bahwa resiko terjadinya tabrakan kapal semakin besar. Kedua
parameter, DCPA dan TCPA menjadi masukan kendali kecepatan
kapal. Nilai DCPA dan TCPA dihitung dengan memanfaatkan
informasi data statis dan dinamis yang tersedia dari teknologi
navigasi yakni AIS. Perancangan sistem kendali anti tabrakan yang
telah disusun, disimulasikan menggunakan software Simulink
R2013. Dari hasil perancangan sistem kendali anti tabrakan yang
telah dilakukan dalam tugas akhir ini, didapatkan hasil bahwa
dengan berkurangnya nilai DCPA dan TCPA kecepatan kapal
menjadi diperlambat dari 14 km/jam menjadi 7 km/jam. ========== This final project is a delevopment from previous research about
control system design. In earlier research, parameter DCPA
(Distance Closest Point Approach) and TCPA (Time Closest Point
Approach) has not been used as collision risk parameter. This final
project are done in purpose to get an anti collision control design
based on DCPA and TCPA value. DCPA is defined as distance
between Closest Point Approach (CPA) and Own vessel, otherwise
TCPA is disctance from CPA to target vessel divided by relative
velocity. The smaller of DCPA and TCPA value means bigger
collision risk probability. These two parameters DCPA and TCPA
role as imput of ship velocity control. DCPA and TCPA are
calculated using static and dynamic information data which is
already provided by AIS navigation technology. The control design
that has been made are simulated using Simulink R2013. From this
control design, the result is when DCPA and TCPA has been reach
the minimum value for collision risk, ship velocity are changing
from 14 km/h to 7 km/h.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSF 629.89 Mil p 2016 3100016066566
Uncontrolled Keywords: Anti Collision, DCPA, Fuzzy Logic, Manuvering, TCPA, Anti Tabrakan, DCPA, Logika Fuzzy, Manuver.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA9.64 Fuzzy logic
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 30 Oct 2019 03:46
Last Modified: 30 Oct 2019 03:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71415

Actions (login required)

View Item View Item