Perancangan One Desk Monitoring System Pada Loading Unloading Kapal Tanker

., Tandra Novian I (2007) Perancangan One Desk Monitoring System Pada Loading Unloading Kapal Tanker. Undergraduate thesis, Institut Teknology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4202100004-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4202100004-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses loading unloading pada kapal tanker dilakukan secara terkontrol dan dimonitoring disebuah ruangan yang disebut cargo control room. Hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam mengatur aliran minyak yang akan dimuat di dalam cargo tanks juga pengaturan buka tutup cargo valves. Selain itu perlunya untuk mengatur agar aliran mengalir pada cargo tanks yang tepat sebab jika terjadi kesalahan akan mengakibatkan overfill maupun ketidakstabilan kapal saat bongkat muat Masalah yang ditimbulkan dari ketidaktepatan distribusi aliran minyak pada masing-masing cargo tanks yaitu beban yang tidak merata dan mengakibatkan tegangan maupun bending momen yang membahayakan kapal. Selama ini proses pengontrolan dan monitoring loading unloading kapal tanker dilakukan secara manual meskipun sudah dilakukan secara terpusat di cargo control room. Dengan pertimbangan tersebut maka perlu dilakukan pembuatan program simulasi untuk otomatisasi dan monitoring proses loading unloading sehingga proses tersebut dapat berlangsung mudah dan aman. Manfaat lain dari pembuatan software ini yaitu kita dapat memonitoring kondisi tanki kapasitas muatan dalam tanki pengaturan buka tutup cargo valve dan stabilitas kapal. Pembuatan program untuk otomatisasi proses loading unloading kapal tanker ini menggunakan bahasa pemograman visual basic. Program simulasi yang dihasilkan berdasarkan sistem bongkar muat kapal yang telah dibuat dan berdasarkan data-data yang ada. Diharapkan program simulasi yang dibuat bersifat reliable dan akurat. ========== The process of tankers loading unloading is done with monitoring and controlling in the cargo control room in order to make easier of adjusting and distributing cargo oil in the cargo tanks. Monitoring and controlling cargo valve to make cargo oil flow to the rights cargo tanks to prevent overfill and retain the stability of tanker during the process of loading unloading. The problem that often emerge during loading unloading process is the distribution of stress because weight of cargo oil in the cargo tanks not be spread evenly then it is very dangerous for tankers construction. During the time controlling and monitoring process was done with manually although centered in the cargo control room. With this consideration its required to arrange the simulation program for automating and monitoring loading unloading process to be safely. The other advantages of arranging this program are we can monitor cargo tanks condition load capacity adjusting of cargo valve and ships stability. The arrangement of tankers loading unloading automation use visual basic program language. The simulation program according to tankers cargo handling system and wished the program have good reliability and accuracy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Collection ID : 3100007028490 Call Number : RSSP 623.824 5 Tan p
Uncontrolled Keywords: control dan monitoring ; simulasi dan otomatisasi ; loading unloadingkapal tanker
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE566.T3 Tankers
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 28 Oct 2019 04:46
Last Modified: 28 Oct 2019 04:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71452

Actions (login required)

View Item View Item