Permainan Simulasi Bisnis Lalapan Dengan Pemodelan Finite State Machine

Apsari, Pinasthika Cintya (2016) Permainan Simulasi Bisnis Lalapan Dengan Pemodelan Finite State Machine. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5112100201-undergraduate-theses.pdf]
Preview
Text
5112100201-undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi mendorong para pengembang
game membuat banyak permaian edukasi sebagai sarana belajar.
Sayangnya, permainan berjenis simulasi masih kurang banyak
diproduksi. Padahal dengan simulasi kita akan lebih mudah
mendapatkan pembelajaran karena permainan tersebut akan
dibuat mirip dengan kehidupan nyata. Maka, pada tugas akhir ini
penulis ingin membuat aplikasi permainan simulasi bisnis lalapan
dengan pemodelan Finite State Machine ( FSM ).
Permainan simulasi ini diterapkan dengan pemodelan FSM.
FSM adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang
menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan
menggunakan 3 komponen yaitu State (Keadaan), Event
(Kejadian), dan Action (Aksi). FSM di desain dengan sederhana,
cepat dan mudah untuk di implementasikan. FSM yang optimal
adalah FSM dengan sedikit jumlah state yang menampilkan fungsi
sama. Pada permainan simulasi ini FSM akan digunakan sebagai
diagram model bisnis.
Hasil dari tugas akhir ini akan berupa sebuah permainan
yang dapat berjalan di perangkat Android. Aplikasi ini dibangun
dengan game engine GameMaker Studio versi 1.4.1657 dengan
bahasa pemrograman GML dan SDK 21.1.2 Android. Proses
pembuatan Aset permainan menggunakan aplikasi CorelDRAW
X7 juga Adobe Photoshop CS5 dan pembuatan model FSM
viii
viii
menggunakan Microsoft Visio 2010. Dengan pengujian blackbox
dan juga kuesioner dapat disimpulkan aplikasi telah
mengimplementaikan seluruh perancangan dengan baik juga
aturan main dan skenario menang kalah dalam FSM.
========================================================
The development of technology encourage game developers
to make a lot of game education as a learning tool. Unfortunately,
simulation-type game still lacking a lot produced. Whereas with
our simulations will be easier to get the learning because the game
will be made similar to real life. So, in this thesis the author wants
to make the application of “lalapan’s business” with a business
simulation game modeling Finite State Machine (FSM).
This simulation game applied to the modeling of FSM. FSM
is a methodology of control system design that describes the
behavior or the working principle of the system by using three
components, namely State, Event, and Action. FSM is designed
with a simple, fast and easy to implement. The optimal FSM FSM
with the least amount of state that display the same functionality.
In this simulation game FSM will be used as a business model
diagram.
The results of this final will be a game that can be run on
Android devices. This application is built with the game engine
GameMaker Studio version 4.1.1657 with the programming
language GML and SDK 21.1.2 Android. The process of creating
game assets using CorelDRAW X7 also Adobe Photoshop CS5 and
FSM modeling using Microsoft Visio 2010. By blackbox testing and
questionnaire it can be inferred that this application has
implemented whole design properly also rules of the game and win
lose scenario with FSM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 004.33 Aps p
Uncontrolled Keywords: Permainan simulasi, Finite State Machine, Bisnis, Lalapan, Warung tenda
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.76.A63 Application program interfaces
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 04 Nov 2019 07:12
Last Modified: 04 Nov 2019 07:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71582

Actions (login required)

View Item View Item