Analisa Sistem Pengereman Combi Brake System(CBS) Pada Honda Vario Techno 125 Idling Stop System(ISS) PGM-FI Dengan Pengaruh Penambahan Variasi Massa

Arintika, Viola Agus (2015) Analisa Sistem Pengereman Combi Brake System(CBS) Pada Honda Vario Techno 125 Idling Stop System(ISS) PGM-FI Dengan Pengaruh Penambahan Variasi Massa. Undergraduate thesis, Institut Teknology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2111100028-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Teknologi yang mengalami perkembangan salah satunya adalah dibidang otomotif khususnya pada kendaraan roda dua. Dalam mendesain kendaraan akan memperhatikan beberapa hal penting yaitu keamanan dan kenyamanan. Keamanan salah satunya adalah di bagian sistem pengereman. Honda Vario mulai menggunakan sistem rem yang kombinasi atau sering didengar dengan nama CBS. CBS adalah sistem pengereman yang mengkombinasikan antara rem depan dan belakang. Pada penerapan tuas kiri, rem akan bekerja secara bersamaan pada roda depan dan belakang melalui equilizer. Tujuan CBS adalah untuk meningkatkan perlambatan diperoleh dari pedal rem(tuas kiri), yang sebelumnya relatif lebih rendah selama penerapan rem roda belakang saja. Untuk mencapai tujuan tersebut, itu dimungkinkan untuk menerapkan rem secara bersamaan pada roda depan dan belakang dengan pengoperasian pedal(atau tuas kiri). Kendaraan roda dua biasanya dinaiki oleh 2 penumpang namun pada fenomena masyarakat terlihat bahwa penumpang juga membawa barang-barang dengan jumlah yang banyak dan berat. Ketika penumpang melaju dengan kecepatan tertentu dengan massa tertentu maka akan melakukan proses pengereman, proses pengereman yang dilakukan akan memiliki gaya dan jarak pengereman yang berbeda. Saat pengendara melakukan pengereman dengan jalan yang berbelok sangat vi berbahaya jika dikendarai melebihi standartnya. Oleh karena itu, tugas akhir ini akan membahas tentang membandingkan distribusi gaya rem depan dan belakang secara teoritis dan aktual, membandingan jarak pengereman kendaraan secara teoritis dan aktual, dan mengetahui stabilitas arah kendaraan jika diberi gaya rem dengan penambahan variasi massa pada sistem rem CBS. Dalam pengujian untuk mengambil data memiliki metode yaitu kendaraan dinaiki oleh variasi massa yang ditentukan dan kecepatan 50 km/jam untuk jalan lurus dan 30 km/jam untuk jalan berbelok dengan radius belok 18,779 meter. Selanjutnya, ketika kendaraan tepat melewati isolasi maka kendaraan di lakukan pengereman selanjutnya dapat di hitung jarak pengereman untuk jalan lurus dan stabilitas arah kendaraan untuk jalan berbelok. Hasil pengujian yang didapat untuk distribusi pengereman yang diberikan oleh sistem lebih kecil dari pada yang dibutuhkan oleh sistem, jarak pengereman secara teoritis lebih pendek dari pada aktualnya dimana tuas rem kiri memiliki jarak pengereman lebih pendek dari pada tuas rem kanan, dan kestabilan arah kendaraan yang terjadi saat berbelok dengan radius belok 18,779 meter dan kecepatan 30 km/jam secara teoritis dengan aktual sesuai yaitu mengalami skid ban belakang. ======================================================================================================== Technology has developed one of which is the automotive field, especially on two-wheeled vehicles. In designing the vehicle will notice some important things, namely safety and comfort. The braking system is one part of the security. Honda Vario start using the combination brake system or often heard the name CBS. CBS is a braking system that combines between front and rear brakes. On the application of the left lever, the brakes will work simultaneously on the front and rear wheels through equilizer. CBS purpose is to increase the deceleration obtained from the pedal brake(lever left), before relatively lower during application of the brakes the rear wheels only. To achieve these objectives, it is possible to apply the brakes simultaneously on the front and rear wheels with pedal operation(left lever). Two-wheeled vehicles are usually ridden by two passengers, but the phenomenon of society is seen that the passengers can bring items with significant amounts and weight. When a passenger driving with certain speed with a certain mass will make the process of braking, the braking process is carried out will have a style and a different braking distances. When the driver is braking in a turn very dangerous road. Therefore, this thesis will discuss about comparing the brake force distribution front and rear theoretical and actual, comparing the vehicle braking distance theoretically and actual, and determine if the vehicle directional viii stability given brake force with the addition of mass variation on CBS brake system. In testing for retrieving data have method which vehicle climbed by a determined mass variations and a speed of 50 km/h for a straight road and 30 km/h for roads turn to 18.779 meter turning radius. Furthermore, when the vehicle passes through the insulation, the proper vehicle braking and braking distances can be calculated for a straight road and the stability of the vehicle to the road turn directions. The result, among others, in all variations of the mass for a given distribution Kbf braking system is smaller than the required system and Kbr a given system is greater than the required system, theoretically the braking distance is shorter than the actual where in the left lever has a braking distance shorter than the right lever, and the stability of the direction occurs when the vehicle is turning with a turning radius of 18.779 meters and a speed of 30 km/h theoretically with that of actual experienced rear tire skid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.246 Ari a
Uncontrolled Keywords: CBS (Combi Brake System), massa, distribusi pengereman, jarak pengereman, kestabilan kendaraan.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 05 Nov 2019 01:51
Last Modified: 05 Nov 2019 01:51
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/71593

Actions (login required)

View Item View Item