Analisa Sistem Pengereman Combi Brake System(CBS) Pada Honda Vario Techno 125 Idling Stop System(ISS) PGM-FI Dengan Pengaruh Penambahan Variasi Massa

Arintika, Viola Agus (2015) Analisa Sistem Pengereman Combi Brake System(CBS) Pada Honda Vario Techno 125 Idling Stop System(ISS) PGM-FI Dengan Pengaruh Penambahan Variasi Massa. Undergraduate thesis, Institut Teknology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2111100028-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
2111100028-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Teknologi yang mengalami perkembangan salah satunya
adalah dibidang otomotif khususnya pada kendaraan roda dua.
Dalam mendesain kendaraan akan memperhatikan beberapa hal
penting yaitu keamanan dan kenyamanan. Keamanan salah
satunya adalah di bagian sistem pengereman. Honda Vario mulai
menggunakan sistem rem yang kombinasi atau sering didengar
dengan nama CBS. CBS adalah sistem pengereman yang
mengkombinasikan antara rem depan dan belakang. Pada
penerapan tuas kiri, rem akan bekerja secara bersamaan pada
roda depan dan belakang melalui equilizer. Tujuan CBS adalah
untuk meningkatkan perlambatan diperoleh dari pedal rem(tuas
kiri), yang sebelumnya relatif lebih rendah selama penerapan
rem roda belakang saja. Untuk mencapai tujuan tersebut, itu
dimungkinkan untuk menerapkan rem secara bersamaan pada
roda depan dan belakang dengan pengoperasian pedal(atau tuas
kiri). Kendaraan roda dua biasanya dinaiki oleh 2 penumpang
namun pada fenomena masyarakat terlihat bahwa penumpang
juga membawa barang-barang dengan jumlah yang banyak dan
berat. Ketika penumpang melaju dengan kecepatan tertentu
dengan massa tertentu maka akan melakukan proses
pengereman, proses pengereman yang dilakukan akan memiliki
gaya dan jarak pengereman yang berbeda. Saat pengendara
melakukan pengereman dengan jalan yang berbelok sangat
vi
berbahaya jika dikendarai melebihi standartnya. Oleh karena itu,
tugas akhir ini akan membahas tentang membandingkan
distribusi gaya rem depan dan belakang secara teoritis dan
aktual, membandingan jarak pengereman kendaraan secara
teoritis dan aktual, dan mengetahui stabilitas arah kendaraan
jika diberi gaya rem dengan penambahan variasi massa pada
sistem rem CBS.
Dalam pengujian untuk mengambil data memiliki metode
yaitu kendaraan dinaiki oleh variasi massa yang ditentukan dan
kecepatan 50 km/jam untuk jalan lurus dan 30 km/jam untuk
jalan berbelok dengan radius belok 18,779 meter. Selanjutnya,
ketika kendaraan tepat melewati isolasi maka kendaraan di
lakukan pengereman selanjutnya dapat di hitung jarak
pengereman untuk jalan lurus dan stabilitas arah kendaraan
untuk jalan berbelok.
Hasil pengujian yang didapat untuk distribusi
pengereman yang diberikan oleh sistem lebih kecil dari pada
yang dibutuhkan oleh sistem, jarak pengereman secara teoritis
lebih pendek dari pada aktualnya dimana tuas rem kiri memiliki
jarak pengereman lebih pendek dari pada tuas rem kanan, dan
kestabilan arah kendaraan yang terjadi saat berbelok dengan
radius belok 18,779 meter dan kecepatan 30 km/jam secara
teoritis dengan aktual sesuai yaitu mengalami skid ban belakang.
========================================================================================================
Technology has developed one of which is the automotive
field, especially on two-wheeled vehicles. In designing the vehicle
will notice some important things, namely safety and comfort. The
braking system is one part of the security. Honda Vario start
using the combination brake system or often heard the name CBS.
CBS is a braking system that combines between front and rear
brakes. On the application of the left lever, the brakes will work
simultaneously on the front and rear wheels through equilizer.
CBS purpose is to increase the deceleration obtained from the
pedal brake(lever left), before relatively lower during application
of the brakes the rear wheels only. To achieve these objectives, it
is possible to apply the brakes simultaneously on the front and
rear wheels with pedal operation(left lever). Two-wheeled
vehicles are usually ridden by two passengers, but the
phenomenon of society is seen that the passengers can bring
items with significant amounts and weight. When a passenger
driving with certain speed with a certain mass will make the
process of braking, the braking process is carried out will have a
style and a different braking distances. When the driver is braking
in a turn very dangerous road. Therefore, this thesis will discuss
about comparing the brake force distribution front and rear
theoretical and actual, comparing the vehicle braking distance
theoretically and actual, and determine if the vehicle directional
viii
stability given brake force with the addition of mass variation on
CBS brake system.
In testing for retrieving data have method which vehicle
climbed by a determined mass variations and a speed of 50 km/h
for a straight road and 30 km/h for roads turn to 18.779 meter
turning radius. Furthermore, when the vehicle passes through the
insulation, the proper vehicle braking and braking distances can
be calculated for a straight road and the stability of the vehicle to
the road turn directions.
The result, among others, in all variations of the mass for
a given distribution Kbf braking system is smaller than the
required system and Kbr a given system is greater than the
required system, theoretically the braking distance is shorter than
the actual where in the left lever has a braking distance shorter
than the right lever, and the stability of the direction occurs when
the vehicle is turning with a turning radius of 18.779 meters and
a speed of 30 km/h theoretically with that of actual experienced
rear tire skid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.246 Ari a
Uncontrolled Keywords: CBS (Combi Brake System), massa, distribusi pengereman, jarak pengereman, kestabilan kendaraan.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 05 Nov 2019 01:51
Last Modified: 05 Nov 2019 01:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71593

Actions (login required)

View Item View Item