Evaluasi Keselarasan Strategi SI/TI Dengan Strategi Bisnis Berdasarkan Strategic Alignment Maturity Model (SAMM) (Studi Kasus : RSU Haji Surabaya)

Nashief, Muhammad (2015) Evaluasi Keselarasan Strategi SI/TI Dengan Strategi Bisnis Berdasarkan Strategic Alignment Maturity Model (SAMM) (Studi Kasus : RSU Haji Surabaya). Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5211100130-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
5211100130-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keselarasan strategi SI/TI dengan strategi bisnis (Business-IT
Alignment) merupakan hal yang penting untuk dikelola.
Keselarasan strategi SI/TI dengan strategi bisnis akan
memberikan dampak positif yaitu pemberian nilai TI dan
peningkatan kinerja bisnis. RSU Haji Surabaya sebagai Badan
Layanan Umum Daerah telah menerapkan teknologi informasi
untuk memberikan layanan yang baik sebagai sarana untuk
meningkatkan kinerja perusahaan. Salah satu upaya yang
dilakukan RSU Haji Surabaya untuk meningkatkan kinerja
perusahaan dengan adanya Instalasi SIM. Insalasi SIM
berfokus pada pengelolaan teknologi informasi di rumah sakit.
Instalasi SIM merupakan divisi yang difungsikan untuk
mengelola teknologi informasi. Kondisi saat ini di Instalasi SIM
yaitu : 1) Instalasi SIM telah memiliki strategi yang jelas dan
telah diturunkan sebagai bahan evaluasi kinerja Instalasi SIM,
2) karyawan telah memiliki tugas pokok dan fungsi yang jelas
untuk mencapai tujuan teknologi informasi, dan 3) telah
memiliki infastruktur dan sistem yang membantu proses bisnis
RSU Haji Surabaya. Namun demikian, muncul keingintahuan
untuk mengetahui apakah strategi Instalasi SIM telah selaras
dengan strategi bisnis.Untuk itu, perlu adanya evaluasi melalui
penilaian kematangan keselarasan strategi Instalasi SIM
dengan strategi bisnis.
vi
Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengevaluasi
keselarasan strategi SI/TI dengan strategi bisnis di RSU Haji
Surabaya dengan menilai kematangan melalui metode
penilaian yaitu Strategic Alignment Maturty Model (SAMM).
Untuk menghasilkan nilai kematangan penelitian diawali
dengan membuat kuesioner untuk dilakukan depth interview
dan review dokumen. Terdapat enam kriteria dalam
menentukan kematangan berdasarkan SAMM. Nilai
kematangan keselarasan strategi Instalasi SIM dan strategi
bisnis RSU Haji Surabaya sebagai acuan untuk memberikan
rekomendasi perbaikan berupa upaya atau aktivitas yang harus
dilakukan RSU Haji Surabaya.
Hasil dari penelitian ini adalamh nilai kematangan keselarasan
strategi SI/TI dengan strategi bisnis di RSU Haji Surabaya.
Berdasarkan hasil penilaian, nilai kematangan keselarasan
strategi SI/TI dan strategi bisnis berada pada nilai 2.24. Jika
dilihat hirarki kematangan SAMM, tingkat kematangan berada
pada (Committed Process). Hal tersebut menunjukkan proses
keselarasan mulai diinisiasi oleh RSU Haji Surabaya.
======================================================================================================
Business-IT Alignment is important to be managed. Business-IT
Alignment will have positive impact which can deliver IT value
and improvement business performance. RSU Haji Surabaya as
a regional public service board using information technology
to provide a good service as a tools to improve performance of
the company. One of the efforts made by RSU Haji Surabaya to
improve performance of the company with SIM Installation.
SIM Installation focuses on manage information technology in
hospitals. SIM Installation has had clear strategy and
generated as evaluation performance, the employee has had
clearly duties and responsibility, and has had infrastructure
and system to achieve information technology goals and
business goals. However, it appears curious to know whether
SIM Installation strategy has been aligned with business
strategy. Therefore, evaluation is needed through strategic
alignment maturity assessment for SIM Installation strategy
and business strategy.
This research aim to determine score of Business-IT Alignment
maturity in RSU Haji Surabaya through a method of assessment
named Strategic Alignment Maturity Model (SAMM). To
generate the maturity value of this research, begins with make
a questionnaire for depth interviews and document review.
viii
There are six criteria to determine maturity based on SAMM.
Business-IT Alignment maturity score as a reference to provide
improvement recommendation in the form of activities must be
done by RSU Haji Surabaya.
The result of this research is Business-IT Alignment maturity
score in RSU Haji Surabaya. Based on the result of the
assessment Business-IT Alignment achieve 2.24. If the views
hierarchy SAMM maturity, the maturity level is at (Committed
Process). It shows the alignment process is started by RSU Haji
Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 658.403 801 1 Nas e
Uncontrolled Keywords: Business-IT Alignment, evaluasi, penilaian, Strategic Alignment Maturity Model (SAMM).
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 06 Nov 2019 02:51
Last Modified: 06 Nov 2019 02:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71613

Actions (login required)

View Item View Item