Pengembangan Real Estate Skala Kecil Sebagai Sarana Pengendalian Fenomena Urban Sprawl (Studi Kasus : Kecamatan Menganti - Gresik)

Pridaningrum, Aprilia (2014) Pengembangan Real Estate Skala Kecil Sebagai Sarana Pengendalian Fenomena Urban Sprawl (Studi Kasus : Kecamatan Menganti - Gresik). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3212208005-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fenomena urban sprawl terjadi di Kabupaten Gresik, yang merupakan wilayah penyeimbang dan penerima dampak dari perkembangan kota Surabaya, terutama area perbatasan yang salah satunya adalah Kecamatan Menganti. Pengembangan real estate skala kecil merupakan salah satu aspek positif yang diharapkan dapat mengendalikan dampak urban sprawl yang terjadi. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk mengetahui peran real estate skala kecil dalam mengendalikan dampak urban sprawl. Penelitian ini merupakan mixed method research. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah perkembangan kota, penataan real property (perumahan), dan pengendalian pembangunan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, kuisioner, dan observasi lapangan. Data yang didapat akan dianalisis menggunakan teknik multivariat untuk mengetahui pengaruh pengembangan real estate skala kecil dengan pengendalian urban sprawl di Kecamatan Menganti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan real estate skala kecil merupakan pengendali urban sprawl. Peran pengembangan real estate skala kecil memiliki pengaruh yang kuat apabila diterapkan sebagai sarana pengendalian urban sprawl. Bentuk pengendalian urban sprawl dengan adanya perkembangan real estate skala kecil terjadi pada beberapa aspek, yaitu: pengendalian pertumbuhan penduduk, pengembangan jaringan infrastruktur, perencanaan tata ruang kota, kondisi sosial penduduk sekitar, penambahan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTA 332.632 4 Pri p
Uncontrolled Keywords: Real Estate Skala Kecil, Urban Sprawl, Pengendalian.
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS170 New products. Product Development
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 07 Nov 2019 04:19
Last Modified: 07 Nov 2019 04:19
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/71634

Actions (login required)

View Item View Item