Pengembangan Model Heuristik Untuk Penjadwalan Produksi Pada PPC Games Online (www.ie.its.ac.id/game)

Burhanuddin, Afif (2015) Pengembangan Model Heuristik Untuk Penjadwalan Produksi Pada PPC Games Online (www.ie.its.ac.id/game). Undergraduate thesis, Institut Teknology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2508100705-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
2508100705-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

“PPC Games” adalah salah satu game edukasi di bidang manajemen
produksi. Pemain dalam “PPC Games” berperan sebagai manajer produksi di
sebuah perusahaan yang bertugas mengatur penjadwalan produksi. Permasalahan
dalam “PPC Games” adalah bagaimana perusahaan bisa memenuhi order yang
diterima selama sebulan yang apabila tidak terpenuhi akan mendapatkan penalti.
Oleh karena itu peran pemain sebagai manajer produksi adalah merancang suatu
penjadwalan produksi untuk memenuhi order tersebut dengan penalti sekecil
mungkin. Permasalahan ini selanjutnya diselesaikan dengan proses material
requirements planning (MRP). Penyelesaian yang dihasilkan dengan metode
MRP ini ternyata menghasilkan keputusan yang tidak sesuai dengan kondisi dan
batasan pada “PPC Games” yang seharusnya. Oleh karena itu pengerjaan MRP
ini dilanjutkan dengan pendekatan metode heuristik agar bisa mengakomodasi
kondisi dan batasan yang ada pada “PPC Games”. Metode heuristik ini kemudian
dapat menyelesaikan persoalan pada “PPC Games” dengan penalti sebesar 420.
Metode lainnya yang digunakan untuk memecahkan permasalahan pada “PPC
Games” adalah metode genetic algorithm. Metode ini menghasilkan penalti
sebesar 1320.
=========================================================================================================
"PPC Games" is one of the educational games in the field of production
management. The player in the "PPC Games" acted as production manager in a
company that is responsible for managing production scheduling. The problem in
"PPC Games" is how the company could fulfill orders received during a month
which, if not met will get a penalty. Therefore the role of the player as a
production manager is designing a production scheduling to meet the order with
penalty as small as possible. This problem is further solved by the material
requirements planning (MRP). The resulting solution with MRP method turned
out to produce a decision that does not comply with the conditions and limits on
"PPC Games" should be. Therefore heuristic approach is used in order to
accommodate the conditions and the restrictions on the "PPC Games". This
heuristic method can then resolve the issue on "PPC Games" with a penalty of
420. Other method used to solve the problem on "PPC Games" is a genetic
algorithm method. This method produces a penalty of 1320.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.53 Bur p
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Genetic Algorithm, Material Requirements Planning, Metode Heuristik, Perencanaan Produksi
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS157.5 Production scheduling
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 08 Nov 2019 02:19
Last Modified: 08 Nov 2019 02:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71656

Actions (login required)

View Item View Item