Redesain Interior Museum Provinsi Papua Dengan Konsep Edukasi-Budaya Dan Kontemporer

Kuheba, Mira Ch. (2016) Redesain Interior Museum Provinsi Papua Dengan Konsep Edukasi-Budaya Dan Kontemporer. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3412100111-undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tugas Akhir adalah hal yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang ingin menyelesaikan pendidikannya dibangku kuliah. Tugas akhir ini nantinya berisi tentang sebuah proyek baru dengan penerapan konsep yang akan menyelesaikan masalah interior proyek tersebut. Beberapa hal yang harus ditempuh dalam penulisan laporan Tugas Akhir, seperti mencari obyek, observasi, wawancara hingga menggambar denah. Dalam tugas Akhir ini, penulis memilih Museum Provinsi Papua sebagai objek penelitian untuk tugas ini. Museum Provinsi Papua adalah Museum yang paling besar di Indonesia Timur. Museum ini memiliki koleksi lebih dari tiga ribu benda yang berasal dari beberapa daerah di Papua. Museum ini yang diresmikan tahun 1990 ini didirikan pada lahan dengan luas 26.000m2. Dalam perancangan tugas akhir ini, penulis lebih mengutamakan konsep tentang Edukasi budaya Papua, berupa pemilihan metode edukasi yang tepat. Pemilihan yang warna, material dan elemen estetis nantinya akan disesuaikan dengan konsep kebudayaan dan kontemporer. Hal-hal diatas diharapkan dapat menjadi kesatuan yang nantinya akan menyelesaikan masalah dari museum ini. Dalam pengumpulan data, penulis melakukannya dengan observasi, wawancara, kuisioner pada pengunjung. Selain data penelitian, penulis juga memperoleh data sekunder dari studi-studi literatur berupa buku dan data arsitektur. Konsep interior museum ini akan mengedukasi pengunjung dengan menggunakan metode pembelajaran dan pengajaran. Metode ini diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan pengunjung untuk melestarikan budaya Papua. Konsep edukasi ini dipengaruhi oleh langgam kontemporer sehingga memiliki bentuk sederhana dan warna-warna monokrom. =========================================================== Final Project is a thing that must be met by students who want to complete their education in college. This final project will contain about a new project with application of concepts that will solve the problem of the interior of the project. Some things must be taken in writing the final report, such as finding objects, observations, interviews to draw a map. In this final task, the authors chose the Papua Provincial Museum as a research object for this task. Papua Provincial Museum is the largest museum in Eastern Indonesia. The museum has a collection of more than three thousand objects that come from several areas in Papua. The museum, inaugurated in 1990 is founded on land with an area of 26.000m2. In designing this thesis, the author prefers the concept of Education Papuan culture, such as the selection of appropriate educational methods. Selection of the colors, materials and aesthetic elements will be adjusted to the concept of culture and contemporary. The things above are expected to be a unity that would solve the problem of this museum. In collecting the data, the authors do with observation, interviews, questionnaires on visitors. In addition to research data, the authors also secondary data obtained from studies of literature such as books and data architecture. The concept's interior museum will educate visitors by using methods of learning and teaching. This method is expected to develop the knowledge of visitors to preserve the culture of Papua. The concept of education is influenced by contemporary style that has a simple shape and monochrome colors.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDI 747.876 Kuh r
Uncontrolled Keywords: Museum, Papua, edukasi, budaya, kontemporer
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 14 Nov 2019 03:31
Last Modified: 14 Nov 2019 03:31
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/71781

Actions (login required)

View Item View Item