Modifikasi desain bentuk buritan landing craft tank (LCT) untuk meningkatakan efisiensi sistem propulsi

Probosustyo, Baharika Dicky (2005) Modifikasi desain bentuk buritan landing craft tank (LCT) untuk meningkatakan efisiensi sistem propulsi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4110100104-Undergraduate-Thesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam merancang kapal yang memiliki sarat rendah, desainer kapal harus menggunakan dua propeller dan bentuk buritan yang langsing. Namun untuk kapal kecil, opsi ini akan mengurangi ruang kapal itu sendiri. Dibutuhkan konsep baru untuk mengatasi tantangan tersebut. Untuk meminimalisir pengurangan ruang pada buritan, namun fluida yang menuju ke propeller tetap optimal, maka digunakanlah konsep baru yaitu dengan menggunakan sebuah channel atau sering disebut dengan tunnel stern yang mengalirkan fluida dengan smooth ke propeller tanpa mengurangi bentuk buritan secara signifikan. Konsep ini terinspirasi dari bentuk kapal kecil (small boat) yang dalam performanya cukup baik. Namun belum banyak dilakukan penelitian tentang konsep ini. Di dalam Tugas Akhir ini dilakukan Modifikasi desain bentuk buritan Landing Craft Tank (LCT) yang sudah ada dengan menambahkan tunnel stern dengan bantuan perangkat lunak Maxsurf untuk membuat model dan Ansys package untuk menganalisa kecepatan aliran pada buritan kapal yang berkaitan dengan efisiensi sistem propulsi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa desain bentuk buritan yang menggunakan tunnel stern dapat meningkatkan efisiensi sistem propulsi sebesar 4,03%. =================================================================================================== In low draft design, a naval architect need to use twin screw design and small stern shape. Nevertherless implementation of this design leads to confined space in relatively small ship. To solve this challenge, new solution is needed. In order to provide adequate space to instal suitable size of propeller for each engine on board, this new concept using tunnel stern that allows current flow smoothly into each of propeller without reducing stern shape space. This concept is inspired from small boat with good performance because tunnel stern. However, haven’t a lot of researchs about this yet. In this final project will modify the stern shape of Landing Craft Tank (LCT) with tunnel stern. This study focus on improving propulsion system efficiency by analyzing the flow velocity at the stern of ship. Maxsurf and Ansys Package software is performed to modelling and determine the velocity of advance. Base on the result of simulation, the new design that aplied tunnel stern can improve propulsion system efficiency up to 4.03%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.873 Pro m
Uncontrolled Keywords: Landing Craft Tank, sistem propulsi, stern shape, tunnel stern.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 18 Nov 2019 03:23
Last Modified: 18 Nov 2019 03:23
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/71841

Actions (login required)

View Item View Item