Modifikasi desain bentuk buritan landing craft tank (LCT) untuk meningkatakan efisiensi sistem propulsi

Probosustyo, Baharika Dicky (2005) Modifikasi desain bentuk buritan landing craft tank (LCT) untuk meningkatakan efisiensi sistem propulsi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4110100104-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4110100104-Undergraduate-Thesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam merancang kapal yang memiliki sarat rendah, desainer kapal harus menggunakan
dua propeller dan bentuk buritan yang langsing. Namun untuk kapal kecil, opsi ini akan
mengurangi ruang kapal itu sendiri. Dibutuhkan konsep baru untuk mengatasi tantangan
tersebut. Untuk meminimalisir pengurangan ruang pada buritan, namun fluida yang menuju ke
propeller tetap optimal, maka digunakanlah konsep baru yaitu dengan menggunakan sebuah
channel atau sering disebut dengan tunnel stern yang mengalirkan fluida dengan smooth ke
propeller tanpa mengurangi bentuk buritan secara signifikan. Konsep ini terinspirasi dari
bentuk kapal kecil (small boat) yang dalam performanya cukup baik. Namun belum banyak
dilakukan penelitian tentang konsep ini. Di dalam Tugas Akhir ini dilakukan Modifikasi desain
bentuk buritan Landing Craft Tank (LCT) yang sudah ada dengan menambahkan tunnel stern
dengan bantuan perangkat lunak Maxsurf untuk membuat model dan Ansys package untuk
menganalisa kecepatan aliran pada buritan kapal yang berkaitan dengan efisiensi sistem
propulsi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa desain bentuk buritan yang menggunakan
tunnel stern dapat meningkatkan efisiensi sistem propulsi sebesar 4,03%.
===================================================================================================
In low draft design, a naval architect need to use twin screw design and small stern
shape. Nevertherless implementation of this design leads to confined space in relatively small
ship. To solve this challenge, new solution is needed. In order to provide adequate space to
instal suitable size of propeller for each engine on board, this new concept using tunnel stern
that allows current flow smoothly into each of propeller without reducing stern shape space.
This concept is inspired from small boat with good performance because tunnel stern. However,
haven’t a lot of researchs about this yet. In this final project will modify the stern shape of
Landing Craft Tank (LCT) with tunnel stern. This study focus on improving propulsion system
efficiency by analyzing the flow velocity at the stern of ship. Maxsurf and Ansys Package
software is performed to modelling and determine the velocity of advance. Base on the result
of simulation, the new design that aplied tunnel stern can improve propulsion system efficiency
up to 4.03%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.873 Pro m
Uncontrolled Keywords: Landing Craft Tank, sistem propulsi, stern shape, tunnel stern.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 18 Nov 2019 03:23
Last Modified: 18 Nov 2019 03:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71841

Actions (login required)

View Item View Item