Pelatihan Keselamatan Penyeberangan Jalan Berbasis Teknologi Google Cardboard

Wicaksana, Satriya (2016) Pelatihan Keselamatan Penyeberangan Jalan Berbasis Teknologi Google Cardboard. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5112100090-undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keselamatan penyeberangan merupakan hal yang sangat penting bagi kita semua, terutama untuk anak–anak. Anak–anak masih memiliki tingkat perhatian pada lingkungan yang relatif rendah sehingga perlu adanya pelatihan untuk memicu respon tanggap anak terhadap lingkungan, dan melatih keterampilan observasinya. Pelatihan yang dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan tentunya akan memiliki tingkat resiko dan biaya yang tinggi, sehingga perlu adanya sebuah solusi lain yaitu teknologi realitas maya. Teknologi dalam bidang realitas maya telah berkembang sangat pesat. Perkembangan realitas maya ini telah diterapkan keberbagai bidang. Mulai dari pendidikan, permainan, film, arsitektur, hingga pelatihan. Realitas maya dapat memberikan suatu pengalaman visual dari sebuah lingkungan yang ada di dunia nyata maupun sebuah lingkungan imajinasi. Realitas maya dapat dikembangkan untuk membuat sebuah simulasi penyeberangan jalan yang memberikan pengalaman visual yang lebih baik. Dalam tugas akhir ini, dibangun sebuah lingkungan buatan untuk pelatihan keselamatan penyeberangan jalan. Pelatihan ini dijalankan pada perangkat bergerak dengan menggunakan sebuah sensor yaitu sensor Gyroscope serta sistem operasi Android. Tujuan utama dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk memberikan pengalaman visual yang lebih baik bagi penguna dengan teknologi Realitas Maya. viii viii Uji coba pada Tugas Akhir ini menggunakan skenario uji coba dengan menggunakan metode kotak hitam dan kuisioner dari pengguna. Penerapan pelatihan menggunakan perangkat lunak ini adalah anak-anak tingkat sekolah dasar. Dari hasil kuisioner yang telah diajukan kepada pengguna, aplikasi ini menunjukkan bahwa kemiripan objek aplikasi dengan objek sebenarnya mencapai skor 4.3 / 5 dan skor immersive aplikasi mencapai 4.9 / 5. Dengan dikembangkannya aplikasi ini diharapkan bisa membantu serta melatih pengguna untuk menyeberang jalan dengan aman. ============================================================ Crosswalk safety is the most important for us, especially for children. Children still have a level of attention to the environment is relatively low so requires a training for children that can trigger their response to the environment, and train their observation skills. A training that held in the real environment take more risk and cost than using virtual reality technology. Virtual reality technology growing up so fast. The development of virtual reality has been applied in many fields. Ranging from education, games, movies, architecture, even training. Virtual reality can provide a visual experience from an environment that exist in the real world as well as an environment of imagination. Virtual reality can be developed to create a simulated road crossings that provide better visual experience. In this final project, a virtual environment for crosswalk safety training will be build. This training simulation run on mobile device that support gyroscope censor and using android operating system. The main purpose of making this application is to provide a better visual experience for the user with virtual reality technology. This final project tested by using test scenarios with a black box methods and questionnaires from users. Implementation of training using this software are children of primary school level. From the results of the questionnaire that has been submitted to the examiner, this application shows that x x the similarity of the actual application object with the object of achieving a score of 4.3 / 5 and a score of immersive applications reaching 4.9 / 5. With the development of this application is expected to assist and train users to cross the road safely.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.3 Wic p-1
Uncontrolled Keywords: Unity, Realitas Maya, Perangkat Mobile, Sistem Operasi Android, Pelatihan, Sensor Gyroscope, Google Cardboard.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 19 Nov 2019 05:40
Last Modified: 19 Nov 2019 05:40
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/71870

Actions (login required)

View Item View Item