Analisa Kinematis Dan Kekuatan Sistem Suspensi Mobil Listrik ITS Brajawahana

Shodiq, Firdaus Ja’far (2015) Analisa Kinematis Dan Kekuatan Sistem Suspensi Mobil Listrik ITS Brajawahana. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2111100082-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
2111100082-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan tekonologi otomotif yang semakin pesat
menuntun peningkatan performa dari segala aspek seperti
kenyaman, keamanan, dan kestabilan. Hal tersebut juga berlaku
pada saat perancangan mobil listrik, dimana perancangan harus
memperhatikan ketiga aspek tersebut. Beberapa bagian seperti
steering, braking, dan suspension adalah salah satu aspek yang
menunjang kestabilan, keamanan maupun kenyamanan dalam
berkendara. Oleh karena itu perancangan sistem suspensi yang
baik akan membuat kendaraan lebih nyaman dan aman untuk
dikendarai, sesuai dengan fungsi suspensi sebagai body insulation
maupun road holding. Suspensi sendiri memiliki beberapa bagian
diantaranya pegas, damper, arm, knuckle, dan ball joint.
Pada tugas akhir kali ini akan dianalisa kinematika dari
sistem suspensi pada mobil listrik ITS Brajawahana, dengan
menggunakan bantuan tool motion study pada software
SolidWorks, dimana dikarenakan ukuran geometri link dan
knuckle suspensi double whisbone milik honda estilo sudah tidak
bisa dirubah lagi, maka perubahan dilakukan pada penempatan
link tersebut. Proses percobaan dilakukan dengan memberikan
input pada suspensi berupa gerakan vertikal sehingga dihasilkan
grafik camber angle fungsi vertical displacement dari roda.
Begitu juga untuk roll centre dimana posisi roll center yang
didapat berdasarkan variasi posisi dari link Dari hasil variasi
selanjutnya dibandingkan dan dipilih desain yang paling
mendekati keinginan sehingga dihasilkan sistem suspensi yang
ii
sesuai dengan kebutuhan mobil listrik Brajawahana. Selain itu
pada tugas akhir ini akan dianalisa pula kekuatan dari suspensi
Double Whisbone, dimana yang menjadi fokus utama adalah pada
bagian lower arm. Pada bagian tersebut lebih dimungkinkan
terjadi kegagalan karena langsung berhubungan dengan titik
kontak gaya yang berasal dari berat kendaraan. Analisa kekuatan
dilakukan dengan menggunakan simulation study pada
SolidWorks dimana beban yang diaplikasikan berupa beban
fatigue yang diasumsikan sebesar 2,5 kali dari beban statis.
Hasil yang didapatkan dari proses simulasi menunjukkan
bahwa untuk analisa kinematis variasi yang dipilih berdasarkan
kriteria camber, roll centre dan defleksi pegas menunjukkan
variasi yang berbeda. Dimana untuk camber variasi 3
menunjukkan karakteristik yang lebih baik dibandingkan variasi
lain maupun standar. Sedangkan untuk roll centre variasi 7 lebih
bagus, dan untuk defleksi pegas variasi 15 yang lebih baik. Akan
tetapi secara analisa kinematik secara keseluruhan dipilih variasi
7 karena efek terhadap kestabilan yang paling besar. Untuk
analisa kekuatan material, hasil dari simulation study
menunjukkan bahwa lower arm yang menerima beban paling
besar dari bagian suspensi lain masih mampu menahan beban
fatigue dan memiliki safety factor 2 untuk material gray cast iron
sehingga berdasarkan standar perancangan suspensi, hal tersebut
sudah masuk dalam kriteria aman. Namun karena penggunaan
material getas sangat berbahaya maka penggantian dengan
alumunium atau low carbon steel juga diperbolehkan dengan
syarat yieldnya berada diatas 150 Mpa
===========================================================================================================
Rapid development of automotive technology, demand on
enhancement performance in every aspect like comfort, safety
and stability of driving. On designing of electric car that also
count, where the design must notice for that three aspect. Some
parts like steering, braking and suspension are one of the aspect
that supporting stability, safety and also riding comfort. Therefore
a good design of suspension system will make the vehicle more
comfort and safe. It is appropriate with the function of suspension
itself as body insulation and road holding. The suspension also
has some part like spring, damper, arm, knuckle and joint.
In this research will be analyzed the kinematic and
strength of suspension system on ITS electric car Brajawahana,
using solidworks tool like motion study and simulation study.
Where for kinematic analysis, the geometry of link and knuckle
are asumed constant, so the variation will be done in placement of
suspension arm. The simulation is done by giving input on
suspension in the form of vertical displacement until the graphic
of camber as function vertical dislacement can be plotted. The
same methode is applied on simulation for roll centre and spring
deflection. From the simulation in software, it will be chosen a
variation that can meet a criteria of ITS electric car Brajawahana.
Furthermore, in this study it also analyze the strength of
suspension sistem, where the focus point is analyzing lower arm.
iv
Because that part has more possibilty to failure than the other
part. Strength analysis is done by using simulation study where
the aplicated load is asumed 2,5 times of quarter-car weight.
From the simulation process, it show the kinematics
analysis result where graphical analysis that is chosen based on
camber, roll and spring deflection criteria have a different best
variation. Where for camber, variation 3 show better kinematic
characteristic than the other. While for other analysis, the best
kinematic charachteristec is shown by variation 7 for roll centre
and variation 15 for spring deflection. However in whole
kinematic analysis variation 7 is recomended because it effect
stability more, than the other variation. In strength analysis the
simulation show that lower arm still can withstand the load of car
with safety factor up to 2. But using brittle material is very
dangerous, so using alumunium alloy or carbon steel material is
still allowed with the provison of the yield strength is above 150
Mpa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.243 Sho a
Uncontrolled Keywords: Suspensi, camber, roll centre, defleksi pegas, tegangan, dan defleksi material
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 22 Nov 2019 03:09
Last Modified: 22 Nov 2019 03:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71961

Actions (login required)

View Item View Item