Analisa Teknis Dan Ekonomis Perencanaan Kapal Ikan Long Line Dengan Bentuk Hull Catamaran Di Perairan Trenggalek - Economic And Technical Analysis Planning Of Long Line Fishing Boat With Hull Form Catamaran In Territorial Water Of Trenggalek

Almassawa, Hanief Ridhwan (2006) Analisa Teknis Dan Ekonomis Perencanaan Kapal Ikan Long Line Dengan Bentuk Hull Catamaran Di Perairan Trenggalek - Economic And Technical Analysis Planning Of Long Line Fishing Boat With Hull Form Catamaran In Territorial Water Of Trenggalek. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4101109024-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4101109024-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview

Abstract

Tujuan akhir dari tugas akhir ini adalah untuk merencanakan kapal ikan
dengan bentuk lambung Katamaran yang dilihat dari aspek teknis dan ekonomis
yang dioperasikan di perairan laut Tenggalek.
Dalam tugas akhir ini, teknik optimasi yang dilakukan adalah kecepatan,
rasio LIB dan S/L sebagai input dan Panjang (Lpp), Lebar (B), Tinggi (H), dan
Sarat (T) sebagai output. Target dari optimisasi ini adalah meminimumkan biaya
operasional. Batasan S/L, BIT, LIB, BIH, SIB, dan Froude Number (FN) adalah
berdasarkan hasil penelitian Insel - MoHand dalam hal bentuk lambung kapal
katarnaran.
Hasil optimisasi adalah Lpp = 13.99 m, B= 5.99 m, H= 1.49 m, T= 0.98 m,
dan Vs = 15.00 knots, dan jarak antara lambung S = 4.20 m.
Biaya investasi adalah sekitar Rp 788.75 juta yang diperkirakan akan
kembali modal dalam 7.4 tahun yang asumsi rata-rata tangkapan ikan adalah 50 %
========================================================================================================================
The objective of this fmal project is to design catamaran fishing boat
which is visible both from technical and economical aspect to be operated in
territorial water of Trenggalek.
In this project, optimization technique is used with speed, LIB, and S/L as
input and the output is Length (Lpp), Breadth (B), Draft (T), and Height (H). The
target of optimization is minimum cost of operational. The constrain of SIL, BIT,
UB, BIH, SIB, and Froude Number (FN) is based from the result of Insel -
Moll and research in the case of catamaran hull form.
The result of optimization is 13 .99 m of length, 5.99 m of breadth, 1.49 m
of height, 0.98 m of draft, 15.00 knots of speed and the distance between center
lines of hull is about 4.2 m.
The investment cost is about Rp 788.75 million that approximately can be returned in 7.4 years assuming the minimum rate offish caption is about SO%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.820 2 Alm a
Uncontrolled Keywords: Catamaran, Capacities Load, Speed, Radius Sea Transport, Fiber, Catamaran, Kapasitas Muat, Kecepatan, Radius Pelayaran, Fiber
Subjects: V Naval Science > VM431 Fishing boats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 02 Dec 2019 02:58
Last Modified: 02 Dec 2019 02:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72133

Actions (login required)

View Item View Item