Penerimaan Layanan Keuangan Dalam Belanja Online Berdasarkan Tingkatan Generasi

Megawaty, Dyah Ayu (2015) Penerimaan Layanan Keuangan Dalam Belanja Online Berdasarkan Tingkatan Generasi. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5112202009-Master Thesis.pdf] Text
5112202009-Master Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Belanja online telah menjadi aktivitas internet ketiga yang paling populer,
setelah email/pesan instan dan pencarian dengan web. Saat ini, belanja online
sudah menjadi tren dan gaya hidup khususnya di Indonesia, merupakan fenomena
yang perlu diperhatikan karena tingginya tingkat transaksi pembelian kebutuhan
sehari-hari atau hiburan di semua kalangan dan usia. Belanja online merupakan
bagian penting dari aplikasi e-commerce. Salah satu isu terbesar dalam
implementasi e-commerce adalah mekanisme transaksi pembayaran melalui
internet. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi masyarakat dalam menggunakan layanan keuangan internet dan
untuk mengetahui penerimaan layanan keuangan dalam belanja online
berdasarkan usia atau tingkatan generasi. Usia yang dibahas dalam penelitian ini
yaitu Generasi Y, Generasi X dan Generasi Baby Boomers. Jenis pembayaran
online yang digunakan dalam penelitian ini adalah account-based system (internet
banking, kartu kredit dan transaksi langsung dalam akun toko online). Responden
penelitian ini sebanyak 429 responden dengan kategori pengguna internet: (1)
Belum pernah belanja online; (2) Pernah belanja online tetapi tidak menggunakan
layanan keuangan online; (3) Pernah belanja online dan menggunakan layanan
keuangan online. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode SEM dan
SmartPLS sebagai alat bantu pengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa perbedaan usia atau generasi dan faktor-faktor lain seperti kualitas
informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, persepsi kemudahan penggunaan,
kepercayaan dan pengalaman menggunakan internet mempunyai pengaruh
terhadap penerimaan layanan keuangan dalam belanja online serta mampu
mendukung teori sebelumnya dan menghasilkan model konseptual baru untuk
teori penerimaan.
=======================================================================================================
Online shopping has become the third most popular internet activity besides
instan massaging/email and browsing. Online shopping that becomes a trend and
lifestyle, especially in Indonesia, is a phenomenon that needs to be considered
because of the high level of daily necessities purchases or entertainment purchases
in every circles of life and ages. Online shopping is important part of e-commerce
application. One of the biggest issues in the implementation of e-commerce is the
payment mechanism by the internet. The purpose of this research is to analyze the
factors that affect people to use the internet financial services and to determine the
acceptance of financial services in online shopping based on age or generation
levels. The ages discussed in this study are Y Generation, X Generation, and Baby
Boomers Generation. Online payment types used in this study is an account-based
system (internet banking, credit card and direct transactions in the online shop
account). 429 respondents of this study divided into 3 catagories: (1) never uses
online shopping, (2) ever uses online shopping but do not use online financial
services, (3) ever uses online shopping and uses online financial services. This
research method is quantitative with SEM and SmartPLS as data processing tool.
The results show that the ages difference or generations and others factors such as
the information quality, system quality, services quality, perceived ease of use,
trust and experience of using the internet have an influence on the financial
sevices acceptance in online shopping and able to support previous theories and
generate a new conseptual model for acceptance theories.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RTIf 004.678 Meg p
Uncontrolled Keywords: Penerimaan, Layanan Keuangan berbasis Internet, Belanja Online, Generasi
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5103.2 Wireless communication systems. Two way wireless communication
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 02 Dec 2019 07:35
Last Modified: 02 Dec 2019 07:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72150

Actions (login required)

View Item View Item