Simulasi Numerik Pengaruh Hambatan Viskos Dan Gelombang Laut Pada Kapal Tipe Katamaran

Yunianto, Anton Hekso (2015) Simulasi Numerik Pengaruh Hambatan Viskos Dan Gelombang Laut Pada Kapal Tipe Katamaran. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1213201049-Master-Thesis.pdf]
Preview
Text
1213201049-Master-Thesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kapal katamaran (lambung ganda) sebagai moda transportasi sungai
maupun laut yang terus dikembangkan secara pesat dewasa ini dan nampaknya
akan terus berkembang di masa akan datang, kapal katamaran menjadi populer
dan sukses diaplikasikan dalam moda transportasi karena tersedianya area geladak
(deck area) yang lebih luas, tingkat stabilitas yang lebih nyaman dan aman bila
dibandingkan dengan kapal dengan lambung tunggal (monohull). Kapal
katamaran (lambung ganda) cenderung memiliki sarat air yang lebih rendah
dibanding kapal monohull dengan displecement yang sama. Pemodelan numerik
menunjukkan bahwa, aliran fluida bersifat laminer, kritis, dan turbulen. Hal ini
terindikasi oleh arah medan vortisitas serta distribusi massa jenis fluida, semakin
besar kecepatan aliran maka sifat aliran akan menjadi semakin acak atau turbulen.
Persamaan dasar aliran fluida yang disebut persamaan Navier-Stokes merupakan
persamaan diferensial parsial non linier yang kompleks. Untuk menyelesaikan dan
memodelkan aliran fluida perlu dilakukan pendekatan numerik dengan metode
beda hingga ekeplisit. Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh tahanan viskos dan tahanan gelombang pada kapal katamaran.
Hasil penyelesaian numerik ini menggambarkan tahanan gesekan, karakteristik
hambatan viskos dan hambatan gelombang. Secara keseluruhan hasil dari
penelitian ini diterapkan diaplikasikan pada bidang teknik dan digunakan sebagai
salah satu kontribusi dalam pengembangan ilmu Matematika terapan di bidang
teknologi dan industri. Hasil numerik Ansys Fluent menunjukan bahwa pengaruh
komponen hambatan pada lambung kapal katamaran sangat siknifikan
pengaruhnya terhadap jarak Rasio antar lambung, baik secara melintang (S/L)
maupun secara membujur (R/L). semakin kecil jarak lambung katamaran (S/L dan
R/L ) maka semakin besar hambatan yang terjadi.
=====================================================================================================
Catamarans (double hull) as the river and sea transport modes that are
rapidly being developed today and will likely continue to grow in the future,
catamarans became popular and successfully applied in the mode of transportation
because of the availability of a deck area (deck area) wider, the level of stability
that is more comfortable and safe when compared to single hull vessels with
(monohull). Catamarans (double hull) tend to have lower water draf than
monohull vessel with the same displacement. Numerical modeling indicates that
fluid flow is laminar, critical, and turbulent. This is indicated by the direction of
the vorticity field and the distribution density of the fluid, the greater the flow
rate, the flow properties will become increasingly random or turbulent. Basic
equations of fluid flow are called the Navier-Stokes equations is a non-linear
partial differential equations are complex. To complete and fluid flow modeling
needs to be approached with explicit finite difference method. In this study, aims
to determine how much influence the viscous prisoners and prisoners waves on
catamaran. This illustrates the results of numerical solution detainees friction,
viscous barrier characteristic and surge barrier. Overall the results of this study
applied to the field of engineering and is used as one of the contribution in the
development of science in the field of applied mathematics and industrial
technology. Ansys Fluent numerical results show that the effect of component
constraints on catamaran hull very significant influence on the ratio of the
distance between the hull, either transverse (S / L) and longitudinally (R / L). The
smaller the distance hull catamaran (S / L and R / L), the greater the obstacles that
occur.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMa 511.8 Yun s
Uncontrolled Keywords: Katamaran, hambatan viskos, hambatan gelombang, numerik dan beda hingga.
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q180.55.M38 Mathematical models
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Mathematics > 44101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 05 Dec 2019 05:33
Last Modified: 05 Dec 2019 05:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72220

Actions (login required)

View Item View Item