Peningkatan Efektivitas Penggunaan Bus Sekolah Sebagai Strategi Transport Demand Management (Tdm) Di Jakarta Timur

Supono, Liana Rahmiyati (2016) Peningkatan Efektivitas Penggunaan Bus Sekolah Sebagai Strategi Transport Demand Management (Tdm) Di Jakarta Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3612100045-undergraduate-theses-.pdf]
Preview
Text
3612100045-undergraduate-theses-.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Di DKI Jakarta total perjalanan menuju menuju fasilitas
mencapai 30 % setiap harinya, hal tersebut menunjukkan bahwa
permintaan akan angkutan menuju fasilitas pendidikan cukup besar
sehingga diperlukannya angkutan khusus pelajar. Oleh karena itu
pada tahun 2007, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan
sebuah program bus sekolah gratis sebagai sarana yang mempunyai
pengaruh cukup besar dalam sistem transportasi secara keseluruhan
di DKI Jakarta. Bus Sekolah di Jakarta terbagi menjadi 2 yaitu bus
sekolah yang melayani rute reguler dan bus sekolah rute zonasi yang
memiliki load factor yang rendah, hal ini disebabkan karena
minimnya kualitas pelayanan dari bus sekolah di DKI Jakarta.
Dengan demikian perlu adanya kajian peningkatan efektivitas
penggunaan bus sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk merumusukan upaya
peningkatan efektivitas penggunaan bus sekolah sebagai strategi
TDM di Jakarta Timur. Untuk itu, dilakukan empat tahapan untuk
mencpai tujuan tersebut. Tahap pertama adalah menganalisis
tingkat persepsi terhadap kinerja dan tingkat kepentingan dari
atribut-atribut pelayanan bus sekolah dengan menggunakan teknik
skoring yaitu skala likert. Tahap berikutnya adalah membandingkan
antara tingkat kinerja dengan tingkat kepentingan atribut-atribut
pelayanan bus sekolah dengan menggunakan teknik Importance
Performance Analisis (IPA). Tahap terakhir adalah merumuskan
viii
upaya peningkatan efektivitas penggunaan bus sekolah
menggunakan teknik analisa deskriptif.
Berdasarkan analisis yang digunakan dalam tahapan
penelitian, hasil yang diperoleh yaitu teradapat atribut-atribut
pelayanan bus sekolah yang memiliki tingkat kinerja yang rendah
namun memilki tingkat kepentingan yang tinggi. Atribut-atribut
pelayanan bus sekolah yang menjadi prioritas utama dalam
perbaikan pada seluruh rute adalah waktu tunggu, ketepatan jadwal,
kemudahan dalam memperoleh informasi, ketersediaan informasi.
Sedangkan untuk bus rute reguler meliputi kemudahan di dalam bus,
kecepatan rata-rata dan kenyamanan psikologis, dan untuk bus
zonasi adalah kapasitas bus. Sehingga dirumuskan upaya
peningkatan berupa penentuan titik transit, penambahan rute,
melakukan evaluasi trayek hingga penambahan armada yang
beroperasi.
============================================================
The transportation demand towards educational facility in
DKI Jakarta, more than 30% daily, shows that a student-only vehicle
is necessary. In 2007, the government of DKI Jakarta implements
free school bus program that has significant impact in transportation
system in DKI Jakarta. The school bus was divided into bus with
regular and zonasi route which still have low loading factor, it was
caused by the low service quality of the school bus program.
Therefore, a research in order to improve school bus effectiveness is
needed.
The purpose of this research is to formulate the strategy to
improve the effectiveness of school bu usage. There are several
stages in this research. First is analyzing perception level of school
bus’ performance and importance from its service attributes by using
likert scale. Second is comparing performance and importance level
on each service attributes by using Importance-Performance
Analysis (IPA). Last is formulating effectiveness improvement
strategy by using descriptive analysis.
The result shows that there are several service attributes
with low performance and high importance, making them a priority.
Those attributes are waiting time, schedule punctuality, information
access, and information availability. Meanwhile, for the regularroute
bus, the attributes are speed average, psychological comfort,
and bus’ privilege. For zonasi-route bus the attribute is bus capacity.
Therefore, the formulated strategies are transit point determination,
x
route evaluation and improvement, and new operational bus
addition.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPW 388.042 Sup p-1
Uncontrolled Keywords: atribut pelayanan, transport demand mangement, angkutan khusus pelajar
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 05 Dec 2019 06:18
Last Modified: 05 Dec 2019 06:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72225

Actions (login required)

View Item View Item