Pendekatan Sistem Dinamik Pada Pertumbuhan Sektor Transportasi Berdasarkan Perhitungan Investasi Pembangunan Surabaya Mass Rapid Transit (SMART)

Baruza, M. Caesario (2015) Pendekatan Sistem Dinamik Pada Pertumbuhan Sektor Transportasi Berdasarkan Perhitungan Investasi Pembangunan Surabaya Mass Rapid Transit (SMART). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2511100170-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2511100170-Paper.pdf - Accepted Version

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2511100170-Presentation.pdf - Presentation

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemacetan merupakan suatu permasalahan yang sudah umum terjadi di kota-kota besar seperti Surabaya. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta dengan rata-rata laju peningkatan penduduk setiap tahunnya sebesar 2%. Pertambahan jumlah penduduk di Surabaya berbanding lurus dengan jumlah kendaraan probadi yang beroperasi di Surabaya. Pertambahan pengguna kendaraan pribadi yang terus meningkat setiap tahunnya menyebabkan kepadatan dan kemacetan terus meningkat. Salah satu solusi yang dirumuskan oleh Pemerintah Kota Surabaya dalam mengurangi kemacetan tersebut adalah dengan melakukan investasi terhadap proyek urban transit dengan nama Surabaya Mass Rapid Transti (SMART) yang terdiri dari proyek monorail dan tram. Selain dari pengirangan tingkat kemacetan di Surabaya, SMART diharapkan juga mampu mengurangi tingkat polusi dan mengembangkan pertumbuhan ekonomi di Surabaya. Dalam merealisasikan proyek tersebut, pemerintah mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk melakukan perubahan terhadap Kota Surabaya. Penelitian ini mengenalisa skenario investasi dari SMART yang dibangun dari sisi ekonomi makro dengan acuan penilaian dampak ekonomi terhadap PDRB Surabaya, lebih spesifiknya terhadap PDRB Transportasi. Penelitian ini menggunakan metode sistem dinamika atas dasar kompleksitas antar variabel dan perilaku sistem mengenai dinamika ekonomi dan transportasi Surabaya. Skala konstruksi dari pembangunan SMART digunakan sebagai variabel kontrol untuk melakukan simulasi perubahan jangka waktu dalam invenstasi yang menyebabkan perubahan output untuk masing-masing skenario investasi. =========== Congestion is a common problem that exists in most populated city like Surabaya as a big city in Indonesia. As one of big city in Indonesia, Surabaya has average rate of population increase of 2% annually. The number of people in Surabaya is directly proportional to the number of private vehicles operating in Surabaya. Recently, the new users of private vehicles that are increasing, by which are producing congestion. One of solution that finitiated by the Surabaya City Government in reducing congestion is by investing on urban transit projects under the name Surabaya Mass Rapid Transt (SMART) which consists of a monorail and tram projects. Aside from the reduction in the level of congestion in Surabaya, SMART also expected to reduce the level of pollution and develop economic growth in Surabaya. In realizing the project, the government issued a fund that does little to make changes to the city of Surabaya. This study analyzes the investment scenario of SMART based on view from macro-economic side with reference to the economic impact assessment of the GDP Surabaya, more specifically to the GDP of Transport. This study proposes a method based on the complexity of the system dynamics between variabels and the behavior of the system on the dynamics of the economy and transportation Surabaya. Scale construction of building SMART used as a control variabel to simulate changes in the time period of investment that caused the change in output for each investment scenario.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 003.85 Bar p 3100015063281
Uncontrolled Keywords: Surabaya Mass Rapid Transit, Simulation, Dynamic Systems, GDP, Simulasi, Sistem Dinamik
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA402 System analysis.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 18 Dec 2019 02:35
Last Modified: 18 Dec 2019 02:35
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/72335

Actions (login required)

View Item View Item