Analisis Loyalitas Dan Penentuan Strategi Pengembangan Merek Loop Pada PT. Telkomsel Cabang Surabaya

Fitrada, Indira (2016) Analisis Loyalitas Dan Penentuan Strategi Pengembangan Merek Loop Pada PT. Telkomsel Cabang Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2512100147-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2512100147-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tren di industri Telekomunikasi menyatakan bahwa di tahun 2015 terdapat
88,1 juta pengguna internet aktif di Indonesia, dimana 69% dari total pengguna
internet adalah remaja pada kelompok usia 15-24 tahun. Salah satu perusahaan
yang sedang fokus membidik remaja adalah Telkomsel dengan me-launching
produk LOOP. Namun tingginya churn rate atau banyaknya pelanggan LOOP
yang berpindah merek ke operator lain menunjukan bahwa pelanggan LOOP tidak
loyal. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana cara untuk
meningkatkan loyalitas merek LOOP guna mengurangi churn rate LOOP.
Penelitian ini menggunakan data primer hasil kuisioner yang diuji dengan
analisis statistik untuk mengetahui demografi pengguna LOOP serta uji regresi
linier. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa asosiasi merek dan persepsi kualitas
adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap loyalitas merek. Analisis
Markov chain digunakan untuk melihat pola perpindahan merek dan pangsa pasar
ekuilibrium dengan asumsi periode terjadi sekali perpindahan merek dalam
periode 6 bulan. Hasil dari uji Markov Chain adalah pangsa pasar kondisi
ekuilibrium LOOP yaitu 35,7% pada periode ke-15 atau 7,5 tahun mendatang.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah menyelesaikan permasalahan
tingginya churn rate, sehingga dilakukan analisis pemilihan strategi dengan
matriks TOWS yang menghasilkan delapan usulan strategi. Pemilihan strategi
terbaik dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP).
Pembobotan dilakukan oleh pengambil keputusan dari pihak manajemen
Telkomsel dengan bantuan software Expert Choice. Strategi dengan bobot
tertinggi yaitu menguatkan Customer User Group (CUG) dan mengembangkan
aplikasi LOOP Kita. Hasil akhir dari penelitian ini adalah grand strategy
pengembangan merek LOOP yang dimulai dengan tahap akuisisi sekolah dan
kampus dengan cut generation, tahap kedua adalah penguatan CUG dan tahap
ketiga adalah pengembangan aplikasi LOOP Kita dengan fitur lengkap untuk
memberikan value bagi pengguna agar lebih loyal terhadap merek LOOP.
========================================================================================================
Trends in the Telecommunications industry stated that in 2015 there were
88.1 million active internet users in Indonesia, where 69% of the total internet
users are teenagers in the age 15-24 years. One of company that focused to
achieve youth market target is Telkomsel, who launch the LOOP brand. However,
the number of customers who switching brands from LOOP to another operator
(churn rate) is getting high. It is show that LOOP’s customers are not loyal. The
problem in this research is how to increase brand loyalty in order to reduce churn
rate of LOOP brand.
This study uses primary data questionnaires that were analyze with
statistical method and linear regression to determine the demographics of LOOP’s
users. The results of regression analysis shows that the brand association and
perceived quality is the most influential variables on brand loyalty. Markov Chain
analysis is used to record the patterns of brand switching between LOOP’s brand
to another brand and also predict the market share in steady state period. Markov
Chain analysis assuming that brand switching period occurs once in range 6
months. Using LINGO software, the steady state of LOOP’s market share is
35.7% in the 15th periode or 7.5 years. The main objective of this research is to
solve the problems of high churn rate and determinate the best strategy using
TOWS matrix that produces eight proposed strategies. The best strategy is chosen
by using Analytical Hierarchy Process (AHP). The judgement among the element
of hierarchy is done by decision maker team of Telkomsel management using
Expert Choice software. The best strategy is strengthens Customer User Group
(CUG) and develop LOOP Kita Apps.
The final goals of this research is generate the blue print of grand strategy
development of LOOP brand. The grand strategy will increase the brand loyalty
which generated by three stages. The first stage is schools invasion with cut
generation method. The second stage is strengthening the CUG and the third stage
is develop “LOOP Kita Apps” that provides some features that give value to the
customers.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.403 Fit a
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process (AHP), Churn Rate, Loyalitas Merek, Markov Chain, TOWS Matriks.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.23 Decision making. Business requirements analysis.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:19
Last Modified: 07 Jan 2020 02:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72564

Actions (login required)

View Item View Item