Permainan Augmented Reality Dalam Mendukung Pembelajaran Anak Tentang Binatang Pada Perangkat Ios

Putra, Radhea Wicaksono (2016) Permainan Augmented Reality Dalam Mendukung Pembelajaran Anak Tentang Binatang Pada Perangkat Ios. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5112100126-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
5112100126-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebun binatang adalah tempat untuk menampung beragam
jenis binatang yang dapat kita lihat langsung dan juga tempat
wisata yang tepat untuk keluarga, apalagi bersama anak-anak.
Mereka dapat belajar banyak tentang binatang. Namun waktu bisa
jadi kendala bagi orang tua karena tidak sempat membawa anak
mereka pergi kesana, sehingga belum ada kesempatan bagi anakanak
untuk mengenal lebih tentang binatang.
Augmented Reality merupakan salah satu solusi untuk
mengatasi masalah tersebut. Pembelajaran tentang binatang akan
ditampilkan dalam bentuk realitas augmentasi. Lingkungan,
binatang, objek, dan keadaan yang mendukung proses
pembelajaran akan diubah ke dalam bentuk 3 dimensi yang
menyerupai aslinya.
Tugas akhir ini bertujuan untuk membuat sebuah permainan
Augmented Reality pembelajaran anak-anak tentang binatang.
Pengujian dilakukan dengan bantuan marker sebagai penempatan
objek tiga dimensi dan suara yang berupa pertanyaan. Pengguna
menyelesaikan beberapa skenario pembelajaran seperti
menghitung, mencari, dan memilih binatang dengan menggunakan
iPad. Pengukuran hasil uji dibantu dengan kuesioner untuk
menilai tingkat kepuasan dalam proses pembelajaran.
====================================================================== Zoo is a place to see various animal in real and it is great
for family to have a vacation with their children. The parents can
acknowledges their children about animal, but sometimes they
have no time to go there. That makes their childrens had no chance
to learn more about the animal.
Augmented Reality is one of the solution to overcome these
problems. Learning about animals will be simulated in Augmented
Reality. Environment, objects, animals, and circumstances will be
converted into 3 dimentional shape that resembles the real world.
This final project aims to create an Augmented Reality
game to support childrens learning about animals by using iPad.
The user used the marker to tested the application and showed the
3D object and the sound. User finished the scenes for examples
counting, searching, and choosing the animal through iPad. the
form is used to gives the user opinion and measurement scales.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 005.432 Put p
Uncontrolled Keywords: Kebun Binatang, Augmented Reality, iPad.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.76.A65 Application software. Enterprise application integration (Computer systems)
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:10
Last Modified: 08 Jan 2020 04:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72596

Actions (login required)

View Item View Item