Optimasi Waktu Penggantian Komponen Roda Lokomotif Seri CC Di Dipo Lokomotif Sidotopo PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) Menggunakan Metode Power Law Process

Pangastuti, Sinta Septi (2016) Optimasi Waktu Penggantian Komponen Roda Lokomotif Seri CC Di Dipo Lokomotif Sidotopo PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) Menggunakan Metode Power Law Process. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1314105011- Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
1314105011- Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Moda transportasi darat yaitu kereta api saat ini berkembang pesat
terutama di Pulau Jawa. Dengan meningkatnya jumlah pengguna jasa
kereta api, maka perusahaan kereta api dituntut untuk semakin
meningkatkan pelayanan serta keamanan. Seiring dengan tujuan
perkeretaapian, maka perawatan lokomotif dilakukan di Dipo Lokomotif
atau Balai Yasa milik PT Kereta Api Indonesia (Persero). Dipo Lokomotif
Sidotopo merupakan bengkel tempat menyimpan, menyiapkan melakukan
pemeriksaan, memelihara dan perbaikan ringan agar lokomotif siap untuk
menarik rangkaian kereta api. Salah satu komponen yang penting dalam
lokomotif adalah roda lokomotif. Perawatan yang dilakukan di Dipo
Lokomotif sesuai dengan petunjuk Buku Panduan Manual milik PT Kereta
Api Indonesia (Persero) yang dilakukan tanpa adanya penelitian lebih
lanjut apakah waktu perawatan dan penggantian tersebut sudah optimal.
Dalam penelitian kali ini akan digunakan metode untuk menentukan
kebijakan perbaikan komponen roda lokomotif yaitu Power Law Process,
yang menghasilkan keputusan pemeliharaan yang optimal berdasarkan
biaya minimum pada saat komponen roda sudah beroperasi selama 923
hari atau ketika komponen sudah dilakukan preventive sebanyak 2 kali
dengan biaya penggantian yang dikeluarkan sebesar Rp.10.098,- per
lokomotif per hari. Berdasarkan perhitungan ini bagian pemeliharaan
dapat mengambil keputusan secara tepat kapan akan dilakukan
penggantian terhadap komponen roda lokomotif sehingga kerugian dapat
dicegah.
=============================================================================================================
Land transport modes namely rail is now growing rapidly, especially in
Java. With the increasing number of users of railway services, the
railway company is required to further improve service and security.
Dipo Locomotive Sidotopo a garage to store, prepare inspection,
maintenance and minor repairs to be ready to pull the locomotive train
series. One important component of the locomotive is the locomotive
wheel. The treatment is carried out in accordance with the instructions
dipo locomotive Handbook Manual PT Kereta Api Indonesia (Persero)
is carried out without further research whether the maintenance time
and replacement is optimal. In this research will be used for the
improvement of methods Power Law Process to determine which
component of locomotive wheel, which produces optimal maintenance
decision based on the minimum cost at the time of wheel components
has been operating for 923 days with the cost of Rp. 10.098,- per
locomotive per day. Based on this calculation maintenance department
can make decisions exactly when will be the locomotive wheels so that
losses can be prevented.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMa 515.642 Pan o-1
Uncontrolled Keywords: lifetime, Non-Homogen Poisson Process, Power Law Process, roda lokomotif
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA276 Mathematical statistics. Time-series analysis. Failure time data analysis. Survival analysis (Biometry)
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:36
Last Modified: 20 Jan 2020 02:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72743

Actions (login required)

View Item View Item