Kajian Perbandingan Kinerja Grafik Pengendali CUSUM Dan EWMA Dalam Mendeteksi Pergeseran Rata-Rata Proses

Hidayah, Nurul (2010) Kajian Perbandingan Kinerja Grafik Pengendali CUSUM Dan EWMA Dalam Mendeteksi Pergeseran Rata-Rata Proses. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1206100057-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
1206100057-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Grafik pengendali ialah sebuah grafik yang digunakan untuk mengendalikan proses secara statistik dan sebagai alat untuk mempertimbangkan apakah proses terkendali secara statistik atau tidak. Grafik pengendali Shewhart hanya menggunakan informasi titik diplot terakhir dan mengabaikan informasi yang diberikan oleh seluruh barisan titik. Hal ini membuat grafik Shewhart relatif tidak sensitif terhadap pergeseran rata-rata proses yang kecil, yaitu kurang dari 1,5σ. Grafik pengendali Cusum dan EWMA merupakan salah satu grafik pengendali yang diusulkan sebagai alternatif terhadap grafik pengendali Shewhart.
Tugas Akhir ini mengkaji perbandingan kinerja grafik Cusum dan EWMA dalam mendeteksi pergeseran rata-rata proses yang kecil. Dimulai dari data suatu proses produksi, kemudian beberapa seri disimulasikan. Grafik pengendali Cusum dan EWMA dibentuk untuk mendapatkan nilai ARL dari setiap grafik, kemudian dilakukan perbandingan terhadap nilai ARL tersebut. ARL merupakan ekspetasi jumlah sampel yang dibutuhkan suatu proses hingga tanda pergeseran rata-rata (out of control) pertama terdeteksi.
Dari kajian dan analisa yang telah dilakukan, teramati bahwa grafik pengendali Cusum tidak dapat mendeteksi pergeseran rata-rata pada tingkat variasi kurang dari 1σ. Pada tingkat variasi ini, grafik pengendali EWMA lebih efisien daripada grafik pengendali Cusum. Diantara beberapa parameter grafik pengendali EWMA,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMa 519.86 Hid k
Uncontrolled Keywords: Cumulative sum, Exponentially weighted moving average, Average run length
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control. QFD. Taguchi methods (Quality control)
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 21 Jan 2020 07:13
Last Modified: 21 Jan 2020 07:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72804

Actions (login required)

View Item View Item