Peningkatan Kualitas Sistem Pelayanan Rawat Inap Rsud Kota Madiun Dengan Pendekatan Lean Service Dan Metode Dmaic

Ningtyas, Yesika (2016) Peningkatan Kualitas Sistem Pelayanan Rawat Inap Rsud Kota Madiun Dengan Pendekatan Lean Service Dan Metode Dmaic. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 2512100006-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2512100006-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

RSUD Kota Madiun merupakan salah satu rumah sakit tipe C yang ada
di Madiun. RSUD Kota Madiun memiliki tiga jenis pelayanan yaitu UGD, rawat
jalan dan rawat inap. Jumlah pengunjung tertinggi dari tahun ketahun terdapat
pada jenis pelayanan rawat inap. RSUD Kota Madiun memiliki standar pelayanan
minimal yang digunakan sebagai tolok ukur keberhasilan pelayanan. Hasil
pencapaian standar pelayanan minimal tersebut yang paling rendah terdapat pada
jenis pelayanan rawat inap yaitu sekitar 70%-80% sedangkan target yang harus
dicapai yaitu 100%. Ketidak berhasilan tersebut disebabkan oleh ketidakpuasan
pelanggan yang meningkat setiap tahunnya. Hasil survei kepuasan pelanggan
menunjukkan terdapat beberapa unsur pelayanan yang belum mencapai target
yaitu kemudahan prosedur, keberadaan petugas pelayanan, kecepatan
penyelesaian pelayanan, kesopanan dan keramahan pelayanan, kenyamanan dan
kebersihan lingkungan. Sehingga perlu dilakukan evaluasi pada sistem pelayanan
rawat inap RSUD Kota Madiun untuk meningkatkan pelayanan rawat inap RSUD
Kota Madiun. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, digunakan
pendekatan lean service yang berfokus untuk mereduksi pemborosan pada sistem
pelayanan. Untuk mempermudah pekerjaan, tahap pengerjaan dilakukan dengan
metode DMAIC (Define, Measure, anayze, Improve dan Control). Berdasarkan
metode tersebut diperoleh atribut kritis dan waste kritis. Waste kritis tersebut yaitu
waiting dan defect. Waste yang telah terindikasi, dilakukan analisa menggunakan
Root Cause Analysis (RCA), Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) dan
Quality Function Deployment (QFD). Ketiga tools tersebut digunakan untuk
mengetahui akar penyebab permasalahan dan respon teknis yang digunakan untuk
menyusun alternatif perbaikan. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan,
diperoleh 2 rekomendasi perbaikan yaitu melakukan perencanaan pelatihan secara
rutin dan membuat lembar controlling untuk mengukur kinerja petugas.
Rekomendasi perbaikan tersebut diharapkan mampu mereduksi waste sehingga
dapat meningkatkan kualitas sistem pelayanan rawat inap RSUD Kota Madiun
==================================================================== RSUD Kota Madiun is one of the C type hospital in Madiun. It has three
types of services such as emergency room, outpatient and inpatient. The highest
number of patient in years is inpatient service. RSUD Kota Madiun has minimum
services standard used as good services parameter. The lowest achievement of it is
inpatient service about 70%-80% but it has a target 100%. The failure is caused by
increase of unsatisfy patient. Survei report of unsatisfy patient describes a several
unreachable target they are sequence of procedur, availability of employee, speed
of service, politeness and hospitable, comfortable and cleanliness. Service system
of inpatient need to be evaluated so it can improve its performace. The best
method to solve the problem is lean service. It focused to reduce waste in services.
To make this research easier, so it used framework DMAIC (Define, Measure,
anayze, Improve dan Control). According to lean service method, critical waste
can be achieved. They are waiting and defect. Critical waste has been indicated
then analyzed using RCA, FMEA and QFD. Tools are used to identify root causes
and technical respons to arrange alternative improvement. After data processing,
have been resulted, alternative improvement is training and controlling form to
measure performance of each employee. It can reduce waste, so it can increase
inpatient service system quality of RSUD Kota Madiun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.401 3 Nin p
Uncontrolled Keywords: DMAIC, FMEA, Lean Service, QFD, RCA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD56.25 Industrial efficiency--Measurement. Industrial productivity--Measurement.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:52
Last Modified: 22 Jan 2020 02:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72856

Actions (login required)

View Item View Item