Perencanaan Terminal Khusus Penumpang Umrah Bandara Internasional Juanda

Rajawidad, Wajdino Arfa (2020) Perencanaan Terminal Khusus Penumpang Umrah Bandara Internasional Juanda. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111540000018-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111540000018-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Dengan jumlah penduduk Kota Surabaya yang sebanyak 2.499.467 jiwa adalah pemeluk agama islam, dan terus meningkatnya pertumbuhan angka ekonomi Jawa Timur. Semakin meningkat pula kemampuan daya beli masyarakat Jawa Timur dalam melaksanakan ibadah umrah. Selama ini untuk penerbangan umrah masih menggunakan Terminal 1 Bandar Udara Internasional Juanda yang pada fungsi awalnya Terminal 1 diperuntukkan operasional penerbangan domestik, meskipun ada beberapa penerbangan internasional di Terminal 1 Bandar Udara Internasional Juanda. Untuk memenuhi jumlah penumpang umrah fasilitas – fasilitas yang sudah ada terbilang cukup kurang dalam melayani banyaknya jumlah penumpang umrah. Untuk menjawab permasalahan ini diperlukan perencanaan terminal terkait fasilitas – fasilitas yang diperlukan untuk menunjang penumpang umrah. Dalam tugas akhir ini dilakukan 2 perencanaan, yang pertama adalah perencanaan hanya menggunakan peak hour penumpang umrah saja yang kedua adalah menambahkan peak hour penumpang domestik pada perhitungan namun hanya pada fasilitas yang digunakan bersama. Tahap pertama dalam pengerjaan tugas akhir ini adalah identifikasi masalah dan studi literatur guna mengetahui metode apa yang akan dilakukan dalam perencanaan terminal khusus penumpang umrah di Bandar Udara Internasional Juanda. Tahap kedua adalah pengumpulan data berupa data primer. Data primer diperoleh secara langsung di lapangan terkait check-in bagasi umrah terkait waktu pemrosesannya serta data sekunder berupa layout existing terminal 1 Bandar Udara Internasional Juanda dan jumlah penumpang umrah dalam kurun waktu 2014 – 2019. Tahap selanjutnya adalah analisis data untuk peramalan jumlah penumpang umrah hingga 5 tahun ke depan. Berikutnya adalah perhitungan fasilitas terminal keberangkatan dan terminal kedatangan yaitu, kerb keberangkatan, hall keberangkatan, security check point, ruang tunggu keberangkatan, tempat duduk, check-in area, check-in counter, custom immigration quarantine, baggage claim device baggage claim area, dan hall kedatangan. Perhitungan fasilitas penunjang bagi penumpang umrah seperti tempat sholat, tempat wudhu, dan toilet. Hasil perhitungan pada tugas akhir ini menunjukkan luas terminal khusus penumpang pada skenario 1 adalah 16090,135 m² sedangkan pada skenario 2 adalah 16357,135 m². Tahap selanjutnya adalah analisis nilai LOS pada fasilitas terminal keberangkatan dan terminal kedatangan. Hasil perhitungan nilai LOS menunjukkan bahwa fasilitas seperti hall keberangkatan, ruang tunggu keberangkatan, dan hall kedatangan sudah memenuhi kriteria nilai LOS berdasarkan IATA dengan skor A/B (Overdesign). Sedangkan untuk fasilitas passport area pada emigrasi maupun imigrasi masih dibawah standar nilai LOS dengan skor D/E (Subdesign). Evaluasi pada nilai LOS dilakukan pada fasilitas yang masih dibawah standar nilai LOS, maka luasan standar menggunakan skor minimum yaitu skor C (Optimum). Langkah terakhir adalah mendesain layout terminal khusus umrah di Terminal 1 Bandara Internasional Juanda.
====================================================================================== With a population of 2,499,467 people, the city of Surabaya is Muslim, and economic growth in East Java continues to increase. The higher purchasing power of the people of East Java in carrying out Umrah. So far, for Umrah flights, they still use Terminal 1 of Juanda International Airport, which initially functions for Terminal 1 to operate domestic flights, even though there are several international flights at Terminal 1 of Juanda International Airport. To meet the number of Umrah passengers, the existing facilities are quite lacking in serving a large number of Umrah passengers. To answer this problem terminal planning is needed related to the facilities needed to support Umrah passengers. In this final project, 2 plans are carried out, the first is planning using only the umrah rush hour. The second is to add domestic passenger rush hour to the calculation but only at shared facilities. The first stage in carrying out this thesis is the identification of problems and literature studies to find out what methods will be carried out in the planning of the Umrah passenger terminal at Juanda International Airport. The second step is to collect data in the form of primary data. Primary data obtained directly in the field related to Umrah baggage check-in related to processing time and secondary data in the form of the existing Juanda International Airport terminal 1 layout and the number of Umrah passengers in the period 2014 - 2019. The next step is the analysis of data to estimate the number of passengers umrah for the next 5 years. Next is the calculation of departure terminal and arrival terminal facilities, i.e., departure pavement, departure room, security checkpoint, departure lounge, seating area, check-in area, check-in counter, special immigration quarantine, baggage claim device, baggage area claim, and arrival hall. Calculation of supporting facilities for Umrah passengers such as prayer rooms, ablution rooms, and toilets. The results of calculations in this final project show that the area of the special passenger terminal in scenario 1 is 16090,135 m² while in scenario 2 it is 16357,135 m². The next step is the analysis of LOS values at the departure and arrival terminal facilities. The LOS value calculation results show that facilities such as the departure room, departure room, and arrival room meet the LOS value criteria based on IATA with an A / B score (Overdesign). While the passport area for emigration and immigration facilities is still below the standard LOS score with a D / E (Sub design) score. Evaluation of LOS values is carried out at facilities that are still below the standard LOS values, so the standard area uses a minimum score of C (Optimum). The final step is to design a special umrah terminal layout in Terminal 1 of Juanda International Airport.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Terminal Penumpang, Umrah, Bandara, Bandara Internasional Juanda, LOS
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7.H5 Airports--Planning. Airport terminals--Planning
T Technology > TH Building construction > TH880 Sustainable buildings. Sustainable construction. Green building
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wajdino Arfa Rajawidad
Date Deposited: 06 May 2020 07:12
Last Modified: 06 May 2020 07:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73844

Actions (login required)

View Item View Item