Desain Konseptual Pengembangan Pelabuhan Khusus Ternak : Studi Kasus Pelabuhan Kalbut Situbondo Arrazi Rustam

Rustam, Arrazi (2016) Desain Konseptual Pengembangan Pelabuhan Khusus Ternak : Studi Kasus Pelabuhan Kalbut Situbondo Arrazi Rustam. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 4412100019-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4412100019-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu sentra populasi ternak yang melimpah berada di Pulau Madura khusunya di Pulau
Sapudi. Menurut data dari UPP Kalbut Situbondo pengiriman sapi dari Pulau Sapudi tiap
minggunya sekitar 60-70 ekor, sedangkan pada saat hari raya kurban naik hingga 100
ekor/minggu. Namun aktivitas bongkar muat ternak di Pelabuhan Kalbut dilakukan dengan
cara dilempar ke laut. Selain dapat menyebabkan ternak terluka, ternak juga mengalami
penyusutan berat badan. Pengembangan pelabuhan menjadi salah satu opsi untuk
menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cara pembangunan ataupun penambahan
fasilitas bongkar muat. Terdapat 3 alternatif pengembangan pelabuhan dengan rincian biaya
pembangunannya seperti berikut alternatif 1 yaitu pembangunan dermaga beton dengan
volume 8325 m³, biaya pembangunannya Rp 53.259 Miliar. Alternatif 2 yaitu pengerukan
dengan volume 19,425 m³ disertai dengan penambahan truk dan garbarata, biaya
pembangunannya Rp 1.894 Miliar. Alternatif 3 yaitu pembangunan dermaga apung HDPE
dengan volume186 m³, biaya pembangunannya Rp 274.36 Juta dan pembangunan 2
Breasting Dolphin dengan volume keduanya 75 m³, biaya pembangunannya Rp 1.141 Miliar.
Setelah itu dilakukan pehitungan CBA (Cost Benefit Analysis) untuk mengetahui kelayakan
pengembangan Pembangunan dermaga apung HDPE dan breasting dolphin menjadi solusi
pengembangan yang bisa diterapkan karena minimum cost dan ramah lingkungan. Biaya
pengembangan pelabuhan sebesar Rp 1.416 Miliar. Cost didapat dari biaya pengembangan
dan benefit didapat dari kerugian bongkar muat dan penyusutan berat badan ternak yang
nantinya dapat disimpan setelah adanya pengembangan. Didapatkan nilai CBR sebesar 1.02
pada tahun 2023. Dari hasil tersebut diperoleh kesimpulan pengembanganPelabuhan Kalbut
layak untuk direalisasikan
========================================================================= One of the centers of the livestock population is abundant on the Madura Island especially
Sapudi Island. According to data from the UPP Kalbut Situbondo, cattle shipments from the
Sapudi island every week about 60-70 cattles, while at the Idul Qurban up to 100 head /
week. However, loading and unloading activities at the Port Kalbut livestock done by thrown
into the sea. Besides being able to cause hurt livestock and livestock weight shrinkage.
Development of the port became one of the options to solve the problem by way of
development or additional loading and unloading facilities. There are three alternative
development of the port with the following details investment costs. Alternative 1 is to build
wharf with the volume of 8325 m³, the investment costs Rp 53.259 bilion. Alternative 2 is
dredging with the volume 19.425 m³ accompanied by the addition of a truck and garbarata,
the investment costs Rp 1,894 billion. Alternative 3 is to build of a floating jetty HDPE with
volume186 m³, the investment costs Rp 274.36 million and build two Breasting Dolphin with
both 75 m³ volume, the investment costs Rp 1,141 billion. After that the calculation of CBA
(Cost Benefit Analysis) to determine the feasibility of development. HDPE floating jetty and
breasting dolphin into a workable solution development because minimum cost and
environmentally friendly. Port development costs amounting to Rp 1,416 billion. CBR values
obtained at 1:02 in the year 2023. From these results we concluded
development of the Port Kalbut feasible to be realized.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSTrl 627.2 Rus d-1
Uncontrolled Keywords: Ternak, Animal Welfare, Pengembangan Pelabuhan, Cost Benefit Analysis
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC205 Harbors--Design and construction.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 30 Jan 2020 02:49
Last Modified: 30 Jan 2020 02:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73920

Actions (login required)

View Item View Item