Analisis Gerakan Dan Tegangan Dari Sistem Cam Untuk Mesin Marine Diesel 93KW

Setiawan, Christian Dhani (2016) Analisis Gerakan Dan Tegangan Dari Sistem Cam Untuk Mesin Marine Diesel 93KW. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4212101002-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan sektor kelautan di Indonesia menunjukkan peningkatan permintaan pada kapal. Terutama kapal dengan ukuran 30 GT yang memiliki masalah dengan rendahnya ketersediaan mesin kapal, dimana sebagian besar kapal masih menggunakan mesin diesel darat sebagai penggerak utamanya. Masalah tersebut menarik perhatian membuat langkah untuk meningkatkan keadaan tersebut, dengan desain mesin marine diesel menggunakan metode reverse engineering. Sistem cam dari desain mesin marine diesel perlu dilakukan perhitungan untuk memilih bahan dan analisis gerakan. Desain sistem cam memerlukan penelitian tentang analisis tegangan dalam sistem cam untuk meyakinkan tentang distribusi gaya dan momen sudah sesuai. Hasil analisis tegangan digunakan untuk memilih bahan komponen dalam sistem cam. Hasil analisis gerakan digunakan untuk menjadi input data analisis tegangan. Kondisi untuk mendapatkan tegangan pada komponen dikondisi maksimum, yang mengandung tekanan, torsi, rotasi, dan gaya. Semua komponen yang dihitung adalah camshaft, lifter (tappet datar), pushrod, rocker arm, spring, dan katup. Setiap komponen diberi dua bahan yang berbeda x dan pemilihan material didasarkan pada faktor keamanan dari masing-masing komponen. Bahan untuk camshaft dan lifteradalah malleable cast iron, untuk pushrod dan rocker arm adalah baja ringan, untuk spring adalah ASTM A231, untuk katup masuk adalah baja JIS SUH3, dan untuk katup buang adalah baja JIS SUH35. Hasil analisis gerakan adalah kecepatan sudut camshaft dengan nilai maksimum sebesar 2400 deg/sec, gaya gesekan antara camshaft dan lifter dengan nilai maksimum sebesar 125.393 N dan gaya kontak antara camshaft dan lifter dengan nilai maksimum sebesar 845.307 N, dan kecepatan linear dari katup masuk dengan nilai maksimum sebesar 696.573 mm/s, dan kecepatan linear dari katup buang dengan nilai maksimum sebesar 463.734 mm/s. ======================================================================================================= The developments of maritime sector in Indonesia shows increasing demand for ships. Especially ships with size of 30 GT has problem with low availability of the ship engine, which most of the ships still use non marine diesel engine as its main propulsion. The problem gives interest to make a step to improve by design marine diesel engine using reverse engineering method. Cam system of marine diesel engine design was needed to be calculate to select the material and the motion. The design of cam system needs study about the stress analysis in cam system to make sure the distribution of force and moment. The result of stress analysis was used to select material of components in cam system. The motion analysis result was used to be input data of stress analysis. The condition to obtain the stress of components was on maximum condition, its contain pressure, torque, rotation, and force. All component that calculated are camshaft, lifter (flat-tappet), push rod, rocker arm, spring, and valve. Each component was given two different materials and material selection was based on safety factor of each component. Material for camshaft and lifter were malleable cast iron, for push rod and rocker arm were mild steel, for spring was ASTM A231, for intake viii valve was steel JIS SUH3, and for exhaust valve was steel JIS SUH35. The result of motion analysis were angular velocity of camshaft with value was 2400 deg/sec, friction force between camshaft and lifter with maximum value was 125.393 N, and contact force between camshaft and lifter with maximum value was 845.307 N, and linear velocity of intake valve with maximum value was 696.573 mm/s, and linear velocity of exhaust valve was 463.734 mm/s.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.872 36 Set m
Uncontrolled Keywords: Mesin Marine Diesel, Analisis Tegangan, Analisis Gerak, Studi Gerak, Sistem Cam, Material
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 20 Feb 2020 04:30
Last Modified: 20 Feb 2020 04:30
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/75046

Actions (login required)

View Item View Item