Evaluasi Aplikasi Sistem Informasi Penerimaan Online Menggunakan Information Systems Success Model (Studi Kasus: Otoritas Jasa Keuangan Jawa Timur)

Ramadhani, Achmad (2016) Evaluasi Aplikasi Sistem Informasi Penerimaan Online Menggunakan Information Systems Success Model (Studi Kasus: Otoritas Jasa Keuangan Jawa Timur). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
5210100011-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Otoritas Jasa Keuangan merupakan suatu lembaga yang berfungsi untuk menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yan terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan. Lembaga ini menyediakan sistem yang bernama SIPO (Sistem Informasi Penerimaan Online) yang dapat digunakan sebagai alat bantu bagi OJK untuk mengelola pembayaran pungutan OJK dengan lebih cepat dan mudah secara online. Pada dasarnya sistem ini digunakan untuk memudahkan bagi OJK, namun demikian, OJK ingin mengetahui apakah SIPO (Sistem Informasi Penerimaan Online) berhasil memberikan informasi yang diberikan kepada pengguna implementasinya.Oleh karena itu perlu adanya penilaian kualitas sistem informasi penerimaan online (SIPO) di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan adanya permasalahan ini maka akan dilakukan evaluasi aplikasi tersebut. Evaluasi aplikasi akan menggunakan Information Systems Success Model. Untuk perhitungan akan menggunakan Structural Equation Model (SEM) yang nantinya akan dilakukan survei pada internal OJK yang menggunakan vi sistem ini dan hasil dari survei data akan dihitung menggunakan LISREL. Hasil dari tugas akhir ini adalah mendapatkan variabel yang signifikan yaitu Information Quality terhadap Intention to Use, Intention to Use terhadap User Satisfaction, Intention to Use terhadap Net Benefit, User Satisfaction terhadap Net Benefit.Selain itu juga memberikan rekomendasi untuk Otoritas Jasa Keuangan Jawa Timur terkait kesuksesan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Penerimaan Online ==========================================================================================Otoritas Jasa Keuangan is an institution that serves to implement the integrated regulation and supervision of the overall activities in the financial services sector. This institute provides a system called SIPO (Sistem Informasi Penerimaan Online) that can be used as a tool for the OJK to manage OJK payments more quickly and easily via online. Basically, these systems are used to make it easier for the OJK, however the OJK wants to know whether SIPO (Sistem Informasi Penerimaan Online) managed to give the information provided to the user implementation. Hence, it needs to assessing the quality of the Sistem Informasi Penerimaan Online (SIPO) in the Otoritas Jasa Keuangan (OJK). With this problem, the application will be evaluated by using Information Systems Success Model and for the calculation will use the Structural Equation Model (SEM) which will be to survey the internal OJK using this system and the results of the survey data will be calculated using LISREL. The results of this final project is to get the significant variabel that is Information Quality on the Intention to Use, Intention to Use on the User Satisfaction,Intention to Use on the viii Net Benefit, and User Satisfaction on the Net Benefit. It also gives advice on the Otoritas Jasa Keuangan in East Java related to successful application Sistem Informasi Penerimaan Online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 658.403 801 1 Ram e
Uncontrolled Keywords: Otoritas Jasa Keuangan, Sistem Informasi Penerimaan Online, Information Systems Success Model, Structural Equation Modeling, LISREL
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.213 Management information systems. Dashboards. Enterprise resource planning.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 21 Feb 2020 06:38
Last Modified: 21 Feb 2020 06:38
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/75103

Actions (login required)

View Item View Item