Analisa Scouring Pada Pipa Bawah Laut Kondisi Intrench Dan Pengembangan Perangkat Lunak Untuk Pemodelan Matematis Dengan Variasi Diameter Pipa

Pebriantina, Minati (2016) Analisa Scouring Pada Pipa Bawah Laut Kondisi Intrench Dan Pengembangan Perangkat Lunak Untuk Pemodelan Matematis Dengan Variasi Diameter Pipa. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4312100048-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4312100048-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Scouring atau penggerusan merupakan fenomena berubahnya topologi dasar laut
diakibatkan oleh arus dan gelombang atau kombinasi keduanya yang terjadi pada
bangunan pantai maupun lepas pantai. Gerusan tersebut menjadi salah satu
penyebab terjadinya free span atau bentangan bebas pada jaringan pipa bawah
laut yang dapat menjadi pemicu terjadinya kegagalan sebuah struktur. Dalam
penelitian ini akan dihitung kedalaman dan lebar dari gerusan pada pipa gas
transmisi SSWJ jalur pipa Labuhan Maringgai-Muara Bekasi. Dari kedalaman dan
lebar gerusan yang dihitung akan membentuk profil 2D dari gerusan tersebut.
Laju propagasi scouring yang terjadi juga akan dihitung untuk mengetahui
perkembangan scouring. Perhitungan juga dilakukan dengan memberikan variasi
diameter pipa dan e (gap ratio). Dari perhitungan tersebut dibahas hubungan
antara variasi diameter pipa dan e (gap ratio) dengan profil scouring untuk
mengetahui kaitan antara parameter- parameter tersebut. Penggerusan tidak terjadi
ketika pipa terkubur sepenuhnya (sempurna), yakni nilai e (gap ratio) sama besar
dengan ukuran diameter pipa (D) dan/atau lebih besar dari ukuran diameter pipa
tersebut. Semakin meningkatnya nilai e/D, maka kedalaman scour akan menurun.
Semakin besar diameter pipa, kedalaman dan lebar gerusan semakin besar. Pada
kondisi yang sama (d, Um dan Uc sama), nilai T* dan St akan berbeda apabila
besarnya ukuran pipa (diameter) diubah. Semakin besar diameter pipa, nilai St
semakin kecil sehingga waktu yang dibutuhkan agar terjadi gerusan maksimal
juga semakin lama. Pemodelan secara matematis dari perhitungan yang telah
dilakukan akan dimodelkan menggunakan bahasa pemrograman scilab.
=====================================================================================================
Scouring is the seabed topology changing phenomenon caused by currents
and waves or a combination of both that occurred in onshore and offshore
buildings. Scour became one of the causes of free span or stretch freely on
underwater pipelines that can be a trigger of the structure failure. This study will
be calculated depth and width of scouring the gas transmission pipeline SSWJ
Labuhan Maringgai-Muara Bekasi. Of the depth and width calculated scour will
form a 2D profile of the scour. The rate of propagation scouring that occurs will
also be counted to determine the development scouring. Calculations are also
done by providing the pipe diameter variation and e (gap ratio). From these
calculations discussed the relationship between variations in the diameter of the
pipe and e (gap ratio) with scouring profile to determine the relations between
such parameters. Scour does not occur when the pipeline buried completely
(perfectly), the value of e (gap ratio) as large as the size of the pipe diameter (D)
and /or greater than the size of the pipe diameter. The increasing value of e / D,
then scour depth will decrease. The larger the pipe diameter, the greater the scour
depth and the scour width. At the same condition (d, Um and Uc equal), the value
of T * and St would be different if the amount of pipe size (diameter) is changed.
The larger the diameter of the pipe, the smaller the value of St so the time needed
to enable the maximum scour is also getting old. Mathematical modeling of the
calculations have been made will be modeled using a programming language
scilab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 621.867 2 Peb a
Uncontrolled Keywords: diameter pipa, pemodelan matematis, pipa bawah laut, profil 2D, scouring
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 24 Feb 2020 04:46
Last Modified: 24 Feb 2020 04:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75136

Actions (login required)

View Item View Item