Perencanaan Kebutuhan Sistem Informasi Di Medical Center ITS

Sinembadan, Yohanes Firdian (2007) Perencanaan Kebutuhan Sistem Informasi Di Medical Center ITS. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5203100041-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
5203100041-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (100kB) | Preview

Abstract

Medical Center ITS sebagai salah satu aset manajemen milik ITS, secara organisasi terbilang baru. Genap satu tahun sudah usia Medical Center ITS. bersama dengan jajaran manajemen yang ada terus menerus melakukan perbaikan kualitas mulai dari layanan kastemer hingga peningkatan kualitas internal. Hal yang sama tentunya berlaku juga bagi pengembangan teknologi informasi .Dengan dibuatnya perencanaan SI/TI maka Medical Center sebagai industri yang baru muncul telah memiliki pedoman yang benar benar dapat mendukung tujuan bisnis dan menghasilkan keuntungan setiap kali akan melakukan implementasi dan investasi TI.
Pengerjaan perencanaan kebutuhan informasi di Medical Center ini diawali dengan pemahaman kondisi internal bisnis seperti visi misi dan tujuan yang didapatkan lewat wawancara dengan manajemen atas. Dilanjutkan dengan pemahaman kondisi eksternal lewat analisa PEST(Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi) dan Stakeholder. Dan hasil dari pemahaman tersebut akan dilakukan analisa gap SWOT untuk didapatkan tujuan. Selain itu juga dilakukan analisa Porter’s 5 Force, yang menganalisa tujuan strategis apa yang dapat dimunculkan agar Medical Center memiliki keunggulan kompetitif.
Hasil dari kedua analisa tersebut kemudian digabungkan menjadi satu untuk dilakukan pemetaan strategi yang sesuai dengan karakteristik industri yang baru muncul, hanya untuk membuktikan bahwa strategi yang diperoleh benar benar telah sesuai. Selanjutnya dipetakan ke dalam Balanced Scorecard untuk mendapatkan aktivitas aktivitas strategis,yang sebagian dipetakan ke dalam analisa Value Shop untuk memahami lebih dalam berkaitan dengan logika penciptaan nilai bagi kastemer.
Hasil akhir dari perencanaan kebutuhan sistem informasi di Medical Center ITS adalah berupa daftar kebutuhan sistem informasi yang digambarkan pada Peta Sistem Aplikasi beserta arsitektur informasi dari tiap aplikasi yang berisi hubungan aplikasi dengan pengguna beserta fungsi dari aplikasi tersebut yang memenuhi kebutuhan Medical Center sebagai industri yang emerged.
========================================================================================================================
Medical Center ITS as one of asset management owned by ITS, is organizationally new. A year had passed since the establishment, together with its management continuously doing quality improvement such as customer service and not to forget internal quality improvement. In similar way applied for information technology development. With IS/IT planning, Medical Center as emerged industry were expected to have guidance which for sure support its business objectives and resulting benefit everytime doing IT investment and implementation
Working of information system requirements planning in Medical Center ITS was started with understanding internal business and IS/IT condition such as vision, mission, business objective and using of existing application through comperehensif interview with its top management. Later on, understanding external business and IS/IT condition through PEST(Politic, Economy, Social, Technology), Stakeholder and Competitor. Thus, SWOT gap analysis can be conducted to bring up strategic goals. Meanwhile, Porter’s 5 Force was conducted,in the same purpose so that Medical Center will have competitive advantages.
Next, those strategic goals is mapped into emerged industry model just to make sure those are fits in its characteristic.After that, for each strategic goal, is mapped onto Balanced Scorecard to bring up activities which part of it were mapped into Value Shops to get better understanding about value creation logic for customer.
Final outcome from information system planning is a list of information system required by Medical Center ITS which can be found in Application System Maps with architecture of each application showing feature and connection with users that really meet Medical Center needs as emerged industry.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 005.74 Sin p
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Kebutuham Sistem Informasi, Strategi Bisnis dan SI/TI, Portfolio Aplikasi.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 25 Feb 2020 07:41
Last Modified: 25 Feb 2020 07:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75163

Actions (login required)

View Item View Item