Perencanaan Dan Perkuatan Timbunan Jalan Kereta Api Sta. 87+200 - 88+600 Kab Barru Province Sulawesi Selatan

Wijaya, Geniar (2016) Perencanaan Dan Perkuatan Timbunan Jalan Kereta Api Sta. 87+200 - 88+600 Kab Barru Province Sulawesi Selatan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
3110100052-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Perencanaan Jalur KA Trans Sulawesi sudah menjadi agenda pemerintahan sebagai peningkatan infrastruktur di daerah luar jawa, dengan awal rute Kota Makassar – Kota Pare-Pare. Perencanaan awal rute yang akan dibangun untuk menghubungkan Kota Makassar hingga Kota Pare-Pare sepanjang ± 147 km, pada pengerjaan akan dilakukan secara parsial/sebagian, diawali dengan pengerjaan jalur tunggal (single track) yang kemudian akan dilanjutkan dengan jalur ganda (double track) di masa mendatang akan tetapi untuk badan jalannya (timbunan) sudah untuk jalur ganda. Perencanaan yang akan dikerjakan ada pada STA 87+200 hingga STA 88+600 dengan total panjang lintasan 1,6 km. Tujuan yang ingin dicapai dari penulisan tugas akhir ini untuk mendapatkan tinggi timbunan yang diinginkan sesuai dengan beban yang diterima oleh timbunan dan tanah dasar. Mendapatkan perencanaanalternative kombinasi memakai retaining wall sesuai dengan kondisi lapangan. (STA 87+200 hingga STA 87+400). Mendapatkan perencanaan timbunan dan perkuatan yang sesuai dengan kondisi lapangan. (STA 87+500 hingga 88+600) serta memiliki perbandingan biaya material dari masing masing desain kombinasi perkuatan yang paling ekonomis dan mudah dalam pelaksanaannya. Hasil perhitungan konsolidasi menunjukkan STA 87+200 dengan tinggi rencana 7 meter, ditemukan hasil Hinisial = 8.20 meter dengan besar konsolidasi sebesar 1.20 meter. Pola pemasangan ii PVD menggunakan pola segi empat dengan diameter 0.6 meter, yang membutuhkan waktu selama 18 minggu untuk mencapai U%= 90%. Perkuatan yang digunakan dalam perencanaan pada STA 87+200hingga STA 87+400 untuk sayap kiri timbunan antara lain kombinasi geogrid + keystone dan geotextile + sheepile, dengan profil UW-250 untuk geotekstile dan profil Tipe TENAX TT 60 SAMP untuk geogrid. Perencanaan timbunan pada STA 87+500 – 88+600 memiliki tinggi rencana 7 meter dengan perkuatan geotextile UW-250 pada tiap 0.2 meter per lapisan dengan SF= 1.5. Alternative yang digunakan sebagai perkuatan timbunan pada STA 87+200 hingga STA 87+400, menggunakan kombinasi geotextile + sheetpile yang menghabiskan biaya sebesar Rp 827,479,200.00 untuk sisi barat timbunan sepanjang 400 meter ==============================================================================================Rail Network Planning Trans Sulawesi has become the government's agenda as the improvement of infrastructure in areas outside Java, with the beginning of the city of Makassar - Pare- Pare. Initial planning routes to be built to connect the city of Makassar to Pare-Pare along the ± 147 km, the construction will be done in partially, starting with of a single track (single track) which will then be followed by a double trackin the future but for the body of the course (heap) is to double track. Planning will be done there at STA 200 and STA 87 + 88 + 600 with the total length of 1.6 km. The aim of this thesis to obtain the desired height of the pile in accordance with the load received by the embankment and subgrade. Getting perencanaanalternative combination of wear retaining wall according to the field conditions. (STA STA 87 + 200 to 87 + 400). Getting pile planning and retrofitting in accordance with field conditions. (STA 87 + 500 to 88 + 600) and has a ratio of material costs of retrofitting each design combination of the most economical and easy execution. The result of the consolidation calculation shows STA 87 + 200 with a height of 7 meters plan, found the results Hinisial = 8.20 meters with a large consolidation of 1.20 meters. PVD mounting pattern using a square pattern with a diameter of 0.6 meters, which takes as long as 18 weeks to reach U% = 90%. iv strengthing used in planning the STA 87+200 to STA 87+ 400 on the left wing heap include a combination of geogrid + keystone and geotextile + sheepile, with UW-250 for profile geotextile and profile Type 60 TENAX TT SAMP for geogrid. Planning a heap on the STA 87 + 500 to 88 + 600 has a height of 7 meters with strenghting plan geotextile UW-250 for each 0.25 meter per layer with SF = 1.5. Alternative used as reinforcement embankment at STA 87 + 200 and STA 87 + 400, using a combination of geotextile + sheetpile at a cost of Rp 827,479,200.00 for the west side of the embankment along the 400 meters.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.151 362 Wij p
Uncontrolled Keywords: Timbunan, geotextile, geogrid, PVD, keystone wal, sheetpile.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S593.2 Soil Structure
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455.S6 Soil (Materials of engineering and construction)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:17
Last Modified: 05 Mar 2020 03:17
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/75317

Actions (login required)

View Item View Item