Arahan Penyediaan Ruang Terbuka Hijau Untuk Menyerap Emisi CO2 Kendaraan Bermotor Di Surabaya (Studi Kasus: Koridor Jalan Tandes Hingga Benowo)

Ma’arif, Afrizal (2016) Arahan Penyediaan Ruang Terbuka Hijau Untuk Menyerap Emisi CO2 Kendaraan Bermotor Di Surabaya (Studi Kasus: Koridor Jalan Tandes Hingga Benowo). Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3612100035-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3612100035-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ruang Terbuka Hijau (RTH) memiliki fungsi krusial dalam kehidupan di
perkotaan, yaitu sebagai pembersih udara yang sangat efektif, terutama untuk
menyerap emisi CO2 dari kendaraan bermotor. Surabaya sebagai kota niaga
memiliki arus pergerakan orang barang dan jasa yang tinggi, salah satunya di
koridor Jalan Tandes – Benowo. Jalan ini merupakan salah satu akses utama dari
Surabaya barat ke pusat kota dan sebaliknya sehingga seringkali jalan ini ramai
dipadati oleh berbagai jenis kendaraan bermotor. Jumlah kendaraan bermotor yang
banyak ini tentunya menimbulkan akumulasi emisi CO2 yang besar di lokasi studi.
Emisi CO2 dalam jumlah besar ini menimbulkan banyak kerugian bagi manusia dan
lingkungan. Sebuah solusi diperlukan agar permasalahan yang ditimbulkan oleh
emisi CO2 kendaraan bermotor ini dapat diatasi dengan baik.
Studi ini bertujuan untuk merumuskan arahan penyediaan RTH guna
menyerap emisi CO2 kendaraan bermotor di kawasan studi. Terdapat beberapa
sasaran yang perlu dicapai yaitu; menghitung jumlah Lalu Lintas Harian Rata-Rata
(LHR) di koridor studi. Selanjutnya setelah diketahui jumlah LHR, dilakukan
perhitugan emisi CO2 yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor dengan bantuan
perangkat lunak Mobilev. Setelah diketahui timbulan emisi CO2 kendaraan
bermotor yang dihasilkan, selanjutnya dihitung kebutuhan minimal dan arahan
penyediaan RTH untuk menyerap emisi CO2 kendaraan bermotor di kawasan studi.
Berdasarkan hasil perhitungan, terdapat 248,00 kg CO2 dihasilkan oleh
kendaraan bermotor per jam-nya pada jam puncak. Dengan timbulan emisi CO2
sedemikian rupa, RTH publik eksisiting di kawasan studi dapat menyerap sebesar
39,87 kg CO2. Untuk menyerap sisa emisi CO2 yang ada, diperlukan penyediaan
1,60 hektare lahan untuk RTH baru. Terdapat beberapa lahan potensial di kawasan
studi untuk dijadikan RTH berupa hutan kota, taman kota dan jalur hijau jalan
======================================================================================================
Urban green space possesses critical role in the urban life as a highly
effective air purifier, especially in purifying CO2 emissions from motorized vehicle.
Surabaya as business city has huge number in the mobility of people and goods, for
example in the corridor of Tandes – Benowo. This corridor plays an important role
to connect the west part of the city to the centre and vice versa. Thus, the corridor is
always crowded by vehicles. The huge amount of vehicle has caused a great number
of CO2 accumulations and has brought negative impacts on human and
environment. Solutions are required to overcome the problems caused by CO2
emissions from motorized vehicles.
This study aims to formulate referrals of urban green space provisions to
absorb CO2 emissions from motorized vehicles. In order to achieve the main goal,
there are three objectives that needed to be accomlished early, those are: 1)
Counting up Average Daily Traffic (ADT) in the corridor of Tnades – Benowo. 2)
Calculating the total CO2 emissions from motorized vehicles using Mobilev
software. 3) Calculating the needs for urban green space and formulating the
referrals of urban green space provision in corridor Tandes – Benowo.
The result shows that there are 248 kilograms of CO2 emissions from
motorized vehicles in the peak hour. From the existing public parks nearby the
corridor could absorb 39,87 kilograms of CO2. In order to absorb the rest of CO2
emissions, it is required 1,60 hectares land for the development of new urban green
spaces. There are several potential lands nearby the corridor that might be used for
the new development of urban green spaces. The new urban green spaces are
recommended in the form of urban forest, public parks and green lane in the road

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPW 363.738 7 Maa a
Uncontrolled Keywords: RTH, CO2, kendaraan bermotor, vegetasi, pohon
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 12 Mar 2020 03:34
Last Modified: 12 Mar 2020 03:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75451

Actions (login required)

View Item View Item