Analisa Risiko Tubrukan dengan Pemodelan Traffic-Conflict menggunakan Data AIS Studi Kasus: Alur Pelayaran Barat Surabaya Putu Sadhvi Sita (4212 100 116)

Sita, Putu Sadhvi (2016) Analisa Risiko Tubrukan dengan Pemodelan Traffic-Conflict menggunakan Data AIS Studi Kasus: Alur Pelayaran Barat Surabaya Putu Sadhvi Sita (4212 100 116). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 4212100116-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4212100116-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Alur Pelayaran Barat Surabaya adalah alur yang
terletak di Selat Madura dengan panjang 25 mil, lebar
100 m dan kedalaman 9.5m yang terletak diantara Jawa
Timur dan Pulau Madura. Alur pelayaran ini merupakan
alur akses yang penting untuk Pelabuhan Tanjung Perak.
Namun, alur ini sering dianggap sebagai salah satu rute
alur yang paling berbahaya untuk navigasi kapal. Salh
satu titik yang berbahaya di alur ini terdapat di pintu
masuk alur pelayaran ini atau diantara buoy No. 8

hingga No.11. Dengan menggunakan pemodelan traffic-
conflict sebagai salah satu bentuk pemodelan untuk

keselamatan navigasi, diharapkan metode tersebut dapat
memberikan hasil yang lebih baik dari analisis risiko
tabrakan konvensional dengan menganalisa interaksi
lalu lintas untuk mengevaluasi dan mengkompensasi
segala bentuk potensi sumber bahaya keamanan di Alur
Pelayaran Barat Surabaya. Pengumpulan data akan
diperoleh melalui AIS (Automatic Identification System)
yang terletak di Laboratorium Keandalan dan
Keselamatan, ITS Surabaya. Perhitungan risiko

tabrakan akan dilakukan melalui pemodelan traffic-
conflict yang mengandalkan kecepatan, lintasan dan

jarak dari setiap kapal—yang menghasilkan nilai DCPA

dan TCPA dari setiap pertemuan crossing dari masing-
masing skenario rute kapa. Hasil nilai DCPA dan TCPA

ini nantinya akan digunakan untuk menganalisa nilai
ambang batas risiko dari setiap skenario dan
memberikan kita gambaran umum dari tingkat risiko di
setiap pertemuan dan wilayah diAlur Pelayaran Barat
Surabaya, yang terbagi menjadi 5 kategori tingkat risiko
yaitu tingkat risiko aman dalam kisaran nilai 0-0,4,
tingkat risiko rendah di kisaran nilai 0,2-0,6, tingkat
risiko menengah di kisaran nilai 0,4-0,8, tingkat risiko
tinggi dalam kisaran nilai 0,6-1,0 dan tingkat risiko
yang sangat tinggi dalam kisaran nilai 0,8-1,0. Output
dari perhitungan tingkat risiko ini nantinya akan
dimasukkan ke dalam website AIS secara online
=============================================================================================Surabaya West Access Channel is a channel located
in Madura Strait with 25 mile long, 100m wide and 9.5m
deep between East Java and Madura Island. The access
channel in Madura Strait is an essential access to Port
of Tanjung Perak. However, the channel is often
considered as one of the most dangerous routes for
navigation. The most critical black spot lies at the
entrance of the channel or between the buoys of No. 8 to
No.11. Using traffic conflict model as a safety Model
approach, it is expected to give us a better result of
collision risk analysis which is in a form of systematic
method by analyzing traffic interactions for evaluating
and compensating any potential sources of safety
hazards in Surabaya West Access Channel. The data
collecting will be gained through AIS (Automatic
Identification System) located in Reliability and Safety
Laboratory, ITS Surabaya. The calculation of collision
risk will be done through traffic-conflict modelthat relies
on the speed, course and distance of the objects—whichresulting DCPA and TCPA value from each crossing
encounter of each vessel route scenarios. The result of
DCPA and TCPA will later be used for analyzing the λ
(threshold) of every scenario and giving us the general
picture of risk level in each encounter and area in
Surabaya West Access Channel, which is divided into 5
categories of risk level such as Safe Risk level in the
value range of λ from 0 – 0.4, Low Risk level in the value
range of λ from 0.2-0.6, Medium Risk level in the value
range of λ from 0.4-0.8, High Risk level in the value
range of λ from 0.6-1.0 and Very High Risk level in the
value range of λ from 0.8-1.0. The output of this risk
level calculation will later be inputted into a source code
for AIS online web.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.893 Sit c
Uncontrolled Keywords: AIS, DCPA & TCPA, Pemodelan traffic-conflict, Risiko Tubrukan, Surabaya West Access Channel
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ213 Automatic control.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 19 Mar 2020 02:33
Last Modified: 19 Mar 2020 02:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75505

Actions (login required)

View Item View Item