Modifikasi Perencanaan Jembatan Marmoyo Tol Sumo (Surabaya-Mojokerto) Sta.41+400 Dengan Konstruksi Box Girder Using Traveler

Purnama, Mahardika Bagus (2016) Modifikasi Perencanaan Jembatan Marmoyo Tol Sumo (Surabaya-Mojokerto) Sta.41+400 Dengan Konstruksi Box Girder Using Traveler. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3113106011-Undegraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3113106011-Undegraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Jembatan Marmoyo merupakan jembatan yang berada di
Tol Sumo (Surabaya-Mojokerto) STA 41+400. Konstruksi
jembatan saat ini adalah jembatan beton pratekan I girder
dengan lebar 2 x 12,5 m dan panjang 207 m yang terbagi menjadi
7 bentang, 5 bentang dengan panjang 35 m dan 2 bentang dengan
panjang 16 m.
Pada Tugas Akhir ini Jembatan Marmoyo tersebut
direncanakan ulang dari konstruksi beton pratekan I girder
menggunakan konstruksi box girder prestressed segmental.
Dengan menggunakan konstruksi box girder ini bentang yang
dipakai bisa lebih panjang dan dapat menghemat pilar dari
konstruksi yang sebelumnya. Box girder mimiliki momen inersia
yang tinggi dalam kombinasi dengan berat sendiri yang relatif
ringan, karena adanya rongga ditengah penampang sehingga
sangat cocok digunakan untuk struktur dengan bentang yang
panjang. Perencanaan jembatan ini dimulai dengan penjelasan
mengenai pemilihan latar belakang pemilihan tipe jembatan,
perumusan tujuan perencanaan, pembahasan, dan dasar-dasar
perencanaan yang mengacu pada peraturan perencanaan
pembebanan jembatan RSNI T-02-2005. Setelah itu barulah
dilakukan perliminary design dengan menentukan dimensi- dimensi utama pada jembatan. Pada tahap awal perencanaan,

iv
dilakukan perhitungan terhadap struktur sekunder jembatan
seperti pagar pembatas. Kemudian menganalisa beban yang
terjadi seperti : analisa berat sendiri, beban mati tambahan,
beban lalu lintas dan analisa pengaruh waktu seperti creep dan
kehilangan gaya prategang.
Kemudian dari hasil analisa tersebut dilakukan kontrol
tegangan yang terjadi pada struktur, perhitungan penulangan
box, perhitungan kekuatan dan stabilitas struktur, perencanaan
bangunan bawah dan tahap yang terakhir dari perencanaan ini
adalah metode pelaksanaan jembatan dengan metode balance
cantilever using traveler. Akhir dari perencanaan ini adalah didapat bentuk dan
dimensi penampang jembatan yang mampu menahan beban- beban yang bekerja, sehingga didapat suatu struktur jembatan
yang aman
========================================================================================= Marmoyo bridge is located in Sumo highway
(Surabaya-Mojokerto) STA 41 + 400. This time,
construction of the bridge is still prestressed concrete bridge
using the I girder with a width of 2 x 12.5 m and a length of
207 m is divided into 7 spans, including five spans with a
length of 35 m and two spans with a length of 16 m.
In this final project, Marmoyo Bridges is replan of
prestressed concrete I-girder construction using prestressed
segmental box girder construction. By using this
construction of box girder span longer used refraction and
can economize the pillars of the previous construction. Box
girder has high momeninersia in combination with its own
relatively light weight, because their midst cavity cross
section that is suitable for long-span structures.
The bridge planning begins with an explanation of
the selection of background bridge type selection,
formulation of objectives of planning, discussion, and the
basics of planning refers to the planning regulations loading
bridge RSNI T-02-2005. After it was done kanperliminary
design to determine the dimensions of the main bridge. In
the early stages of planning, the calculation of the secondary

vi
structures such as the bridge guardrail. Then analyze the
expenses incurred such as: analysis of its own weight,
additional dead load, traffic load and analyze the effect of
time such as creep and loss of prestressing force.
Then the results of the analysis carried out control
voltages that occur in structures, reinforcement box
calculation, calculation of the strength and stability of the
structure, planning and building under the latter stages of
this planning is the method of implementation of the balance
cantilever bridge method using a traveler.
At the end of this planning is obtained cross- sectional shape and dimensions of the bridge is able to
withstand the loads that work, in order to get a safe bridge
structure

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.215 Pur m
Uncontrolled Keywords: modifikasi; jembatan marmoyo; box girder; traveler
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 26 Mar 2020 23:08
Last Modified: 26 Mar 2020 23:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75568

Actions (login required)

View Item View Item