Analisa Pengaruh Variasi Injection Timing Terhadap Performa dan Emisi Gas Buang pada Mesin Diesel

Jaya, Surya Rachmat Karama (2016) Analisa Pengaruh Variasi Injection Timing Terhadap Performa dan Emisi Gas Buang pada Mesin Diesel. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4214105016-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mesin diesel merupakan sistem penggerak utama yang dikenal sebagai jenis mesin bakar yang mempunyai tingkat efisiensi tinggi, namun masalah yang sering dihadapi pada pengoperasian mesin diesel adalah tingginya emisi NOx dan partikel asap yang dikeluarkan dari mesin diesel. Pada penelitian ini akan dibuat analisa performa dan emisi gas buang mengenai pengaruh waktu penyalaan pembakaran dengan memvariasikan nilai sudut timing injeksi pada mesin diesel. Selain itu tujuan dari penelitian ini untuk memenuhi regulasi yang ditetapkan oleh standart IMO (International Maritime Organization). Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode eksperimen. Hasil analisa yang didapat membuktikan bahwa perubahan nilai sudut injeksi timing yang divariasikan sangat berpengaruh pada pengujian performa dan emisi gas buang. Mesin diesel mengalami peningkatan prestasi kerja yang signifikan setelah menggunakan timing injeksi pada sudut 14˚ CA BTDC (Retarted) dengan nilai daya maksimum, torsi maksimum dan BMEP maksimum mesin diesel mengalami peningkatan sebesar 19%, untuk nilai dari efisiensi thermalnya juga mengalami peningkatan sebesar 4% sedangkan nilai SFOC lebih rendah sebesar 3%. Sedangkan kadar emisi gas buang yang dihasilkan sebagian besar memenuhi syarat dari standar regulasi yang telah ditetapkan ======================================================================================================== The diesel engine is a primary mover system which known as a combustion engine’s type with high efficiency level, but the problem often encountered in the diesel engine’s operation is the high level of emissions NOx and exhaust gas emission. This research will analyze the effect of combustion ignition timing with varying the diesel engine’s injection timing angle on performance and exhaust gas emission, as well as IMO (International Maritime Organization)standart fulfillment. This research is using experimental method. Analysis results showed that the variation of injection timing angle affect the performance and exhaust emissions. Diesel engines’s performance increased significantly at 14˚ CA BTDC (Retarted) with maximum power, maximum torque and maximum BMEP, diesel engines’s performance increased by 19%, thermal efficiency also increased by 4%, while SFOC lower by 3%. Exhaust emissions’s content mostly qualify the regulatory standart that have been set

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 621.436 Jay a
Uncontrolled Keywords: Timing injeksi, diesel, performa, emisi gas buang
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 02 Apr 2020 02:47
Last Modified: 02 Apr 2020 02:47
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/75657

Actions (login required)

View Item View Item