Heterotopia: Ruang Bermain Anak Pada Permukiman Padat Di Surabaya

Fathoni, Firdiansyah (2016) Heterotopia: Ruang Bermain Anak Pada Permukiman Padat Di Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3214207009-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
3214207009-Master_Thesis.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Padat dan buruknya penataan rumah tinggal pada sebuah permukiman mempunyai dampak pada menurunnya kualitas fungsi ruang bermain anak, salah satunya yang terjadi di Kampung 1001 Malam, Dupak Surabaya. Ruang-ruang di kampung ini belum dapat mengakomodasi perubahan pola aktivitas dan perilaku bermain anak-anak. Berawal dari permasalahan pada pola bermain anak-anak di kampung, maka perancangan ini dibuat dengan tujuan untuk merancang ruang bermain anak di perkampungan yang dapat menyesuaikan perubahan pola aktivitas dan perilaku yang terjadi pada anak-anak ketika bermain di kampung ini. Proses perancangan ini dimulai dengan mengumpulkan data-data yang terkait dengan ruang bermain anak di kampung ini. Pengumpulan data ini dilakukan dengan metode observasi, survey, dan wawancara. Data-data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisa dan dikembangkan dengan metode perancangan heterotopia untuk menghasilkan sebuah solusi dan ide konsep berupa bentuk ruang bermain di kampung yang sesuai dengan pola aktivitas dan perilaku bermain anak-anak. Ide konsep dalam perancangan ini berupa desain penataan ulang permukiman yang berdasarkan prinsip land readjustment, ruang heterotopia, dan pola bermain pada anak-anak, sehingga dapat menciptakan berbagai wujud ruang bermain yang anak di seluruh area kampung, seperti area tengah permukiman, area bermain utama, dan area tepi sungai. Desain ruang-ruang bermain ini memiliki wujud atau karakteristik yang berbeda-beda serta dapat berubah-ubah sehingga dapat mengoptimalkan berbagai kemungkinan pola bermain dan kebutuhan anak-anak. Ide konsep ruang bermain ini juga dapat berdampak positif pada lingkungan kampung secara komperhensif
==================================================================================================The dense and disorganized settlement has an impact on the declining quality of the children’s play space, such as in Kampung 1001 Malam, Dupak Surabaya. The spaces in this settlement have not been able to accommodate all changes of behavior and activity patterns of children. Based on this problems, the design intention of this project is providing a children’s play space in the settlement which can adapt to the all changes of activity and behavior patterns of children when they are playing in this kampong. This design’s process begins with collecting data which is related to children's play space in this kampong. Data collection is carried out by conducting observation, survey, interview and documentation methods. That data will be analyzed and developed using heterotopia as a design method to obtain ideas concept about play space that can suit the activity and behavior patterns of children. The concept idea of this design is rearrangement of this settlement with a principles of land readjustment, heterotopias space and playing pattern of children as design approach, so it can create a variety of children's playspaces in all areas of this kampong such as middle settlement, main play area, and riverside area. This design of play spaces has different form or characteristic and changeable, so it can optimize various possibilities for children’s playing pattern and needs. The idea of this play space also have a positive impact on the settlement’s environment comprehensively.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTA 796.068 Fat h
Uncontrolled Keywords: ruang heterotopia, ruang bermain, land readjustment, pola bermain
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA9051 Residential areas. Site planning
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 03 Apr 2020 02:04
Last Modified: 03 Apr 2020 02:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75673

Actions (login required)

View Item View Item