Analisa Nilai Putaran Kritis Pada Poros Yang Berputar Akibat Whirling Dengan Metode Eksperimen Dan Simulasi

Dicky, Nico (2016) Analisa Nilai Putaran Kritis Pada Poros Yang Berputar Akibat Whirling Dengan Metode Eksperimen Dan Simulasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2114105015-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2114105015-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komponen – komponen mesin yang mempunyai sistem berputar biasanya mengalami fenomena whirling effect, yaitu fenomena sebuah poros yang berputar akan mengalami defleksi yang diakibatkan oleh gaya sentrifugal yang dihasilkan dari massa poros ataupun beban yang ada pada poros. Putaran kritis (critical speed) dapat menyebabkan lendutan pada poros mencapai harga maksimum. Dalam dunia industri sering ditemui kejadian putaran kritis yang harus dihindari karena dapat menyebabkan mesin pada industri tersebut mengalami kerusakan bahkan kegagalan. Oleh karena itu mengetahui putaran kritis sangat diperlukan, sehingga harga dari putaran tersebut dapat dicegah untuk memperpanjang umur suatu mesin. Pada tugas akhir ini dilakukan penelitian tentang putaran kritis secara eksperimen dan simulasi. Metode yang dilakukan pada simulasi yaitu membuat pemodelan sistem dari mesin menggunakan aplikasi Matlab dengan menentukan parameter-parameter, sedangkan untuk eksperimen dengan membuat pemodelan kecil dari mesin. Untuk simulasi dan eksperimen variasi berupa massa dari masing- masing disk yang digunakan 0,058 kg dan 0,08 kg, diameter poros 64mm dan 93mm, posisi peletakan disk yang akan diputar sejauh 0,2L; 0,3L; 0,4L, ataupun ditengah poros,kemudian panjang poros 750mm dan 950mm
=====================================================================================================
Machine components that have a rotating system is usually experiencing the phenomenon of Whirling Effect, that the phenomenon of a rotating shaft will experience deflection caused by the force of centrifugal force that is produced from the mass of the shaft or the burden that is on the shaft. Critical speed can cause deflection on the shaft reaches the maximum. In the industrial world is often found occurrence of critical speed that must be avoided, because it can cause the damaged or even failure to the industrial machine. Therefore, knowing the critical speed is necessary, so the speed value can be prevented to extend the life of a machine. Researches on critical speed in experiment and simulation for this thesis. The method that used on the simulation is by created a system model of the machine using Matlab application by specifying parameters, while for experiment by creating a small model of the machine. For the simulation and experiment researcher diversify the mass for each disk is used 0,058kg and 0,08kg, diameter shaft 64mm and 93mm, position of the disc placement that being rotated as far as 0,2L; 0,3l; 0,4l, or middle of the shaft, and for shaft length 750mm and 950mm

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 620.004 52 Dic a
Uncontrolled Keywords: Whirling sharf; putaran kritis; lendutan
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS174 Maintainability (Engineering) . Reliability (Engineering)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 24 Apr 2020 13:58
Last Modified: 24 Apr 2020 13:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75866

Actions (login required)

View Item View Item