Analisa Pengaruh Bentuk Deep SKEG Terhadap Stabilitas Kapal Layar Motor Melalui Pendekatan CFD

Allam, Muhammad Ghiyats Kharisma (2016) Analisa Pengaruh Bentuk Deep SKEG Terhadap Stabilitas Kapal Layar Motor Melalui Pendekatan CFD. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4214105022-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (940kB) | Preview

Abstract

Parameter utama yang sangat menentukan terhadap stabilitas kapal layar adalah bentuk konstruksi lambung, ukuran kapal yang kecil disertai memiliki layar yang lebar membuat kapal layar mudah terguncang ketika dilaut. Alat gerak kapal yang menggunakan layar lebar dapat memberikan hambatan terhadap stabilitas kapal tersebut, maka dari itu dibutuhkan terobosanterobosan terbaru untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu terobosan tersebut adalah dengan menambahan deep skeg pada bagian lunas atau keel kapal. Tujuan dari tugas akhir ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh penambahan deep skeg terhadap stabilitas kapal layar yang dihasilkan sebelum dan sesudah penambahan deep skeg.Analisa yang dilakukan yaitu melihat efek penambahan deep skeg dalam berbagai variasi ukurannya.Setelah analisa berakhir kita membandingkan hasil analisa grafik. Hasil analisa tersebut adalah ukuran deep skeg yang optimal adalah ±1/3 dari tinggi layar hal ini di buktikan bahwa deep skeg yang panjangnya berukuran 6,5 meter atau 1/3 dari tinggi layar memiliki nilai stabilitas yang paling baik dengan periode rolling sebesar 4,7 detik. ================================================================================================================== The main parameters that determine the stability of the ship hull construction of the screen is the shape, size small boat with has a wide screen makes the display easily shaken when a ship at sea. Locomotor ship using a wide screen can provide barriers to the stability of the vessel, and therefore required the latest breakthroughs to solve these problems is one of the breakthrough with menambahan deep skeg on the hull or keel boats. The aim of this thesis was to determine how much influence the addition of deep skeg on the stability of the ship sails generated before and after the addition of deep skeg. Analysis performed is to see the effect of adding deep skeg in a variety of sizes. After the analysis concludes, we compare the results of analysis charts. The results of this analysis are deep skeg optimal size is ± 1/3 of the screen height it is proved that a deep skeg measuring 6.5 meters in length or 1/3 of the screen height has the best stability values with rolling period amounted to 4, 7 seconds.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.812 All a
Uncontrolled Keywords: Deep skeg, stabilitas, kapal layar, CFD,Stability, Sailinga boat
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 22 Apr 2020 03:03
Last Modified: 22 Apr 2020 03:03
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/75877

Actions (login required)

View Item View Item