Perencanaan Ulang Dengan Menggunakan Perkerasan Kaku Ruas Maros – Bone Sta. 115+600 – Sta. 120+600 Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan

Yunus, Isfan Ramadhani (2016) Perencanaan Ulang Dengan Menggunakan Perkerasan Kaku Ruas Maros – Bone Sta. 115+600 – Sta. 120+600 Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3114040608-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3114040608-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Ruas Jalan Maros - Bone salah satu jalan nasional atau jalan ateri primer yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan, yang menghubungkan antara Kota Maros dengan Kota Watampone. Kerusakan pada struktur jalan pada umumnya pendakian dan penurunan yang semula memakai perkerasan lentur sudah tidak sanggup lagi menahan volume dan beban lalulintas kendaran, maka untuk mengatasi hal ini perkerasan yang layak pada ruas jalan ini menggunakan perkerasan kaku. Proyek akhir ini bertujuan untuk melakukan perencanaan geometrik jalan, menghitung tebal perkerasan kaku konstruksi jalan, dimensi saluran drainase, menghitung rencana anggaran biaya. Metode yang digunakan pada perencanaan jalan ini meliputi perhitungan tebal perkerasan jalan pada ruas jalan dengan menggunakan Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen pd T-14-2003. Analisa kapasitas jalan dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Perencanaan drainase dengan menggunakan metode SNI- 03-342-1994. Untuk kontrol perencanaan geometrik jalan dengan menggunakan buku dasar-dasar perencanaan geometrik jalan (Silvia S). Dari hasil perhitungan perencanaan pada proyek ruas jalan Maros - Bone diperoleh lebar jalan 7 m dengan bahu jalan 1,5 m dengan tipe jalan 2/2 UD. Untuk perencanaan tebal perkerasan jalan dengan umur rencana 22 tahun diperoleh tebal total 34 cm dengan perincian lapisan pondasi bawah menggunakan Campuran Beton Kurus dengan tebal 10 cm, dan lapis permukaan menggunakan perkerasan beton menerus dengan tulangan dengan tebal 24 cm. Perencanaan dimensi saluran tepi (drainase) berbentuk trapesium dengan bahan terbuat dari batu kali dengan finishing diperoleh dimensi b=0,70m, d=0,45m, dan w=0,40m. Dana yang diperlukan untuk megerjakan pembangunan proyek ini adalah Rp. 38,591,030,000 (Terbilang Tiga Puluh Delapan Milyar Lima Ratus Sembilan Puluh Satu juta Tiga Puluh Ribu Rupiah)
==============================================================================================
Roads Maros - Bone one national roads or roads that are a primary artery in the province of South Sulawesi, which connects the town with the City Maros Watampone. Damage to the structure of the road in general ascent and decline which was originally put on the flexible pavement could no longer withstand the load of traffic volume and vehicle, then to overcome this decent pavement on the road segment using rigid pavement. The final project is aimed at making geometric road design, calculate rigid pavement thickness of road construction, drainage channel dimensions, calculate the budget plan. The method used in the planning of this road includes the calculation of thick pavement on roads by using Planning Guidelines Cement Concrete Pavement pd. T-14-2003. Analysis of road capacity by using the Indonesian Highway Capacity Manual (MKJI) 1997. Planning drainage using SNI 03-342-1994. To control using the road geometric design basics book road geometric design (Silvia S). From the calculation of planning on road projects Maros - Bone acquired road width of 7 meter with 1,5 meter shoulders with the type of road 2/2 UD. For the planning of thick pavement with a design life of 22 years obtained a total of 34 cm thick with details subbase layer using Mixed Concrete Thin with 10 cm thick, and the surface layer using a continuous concrete pavement with reinforcement with 24 cm thick. Planning dimensional edge channel (drainage) with a trapezoid-shaped material made of stone with a finish obtained dimension b = 0,70m, d = 0,45m, and w = 0,40m. Funds required for the construction work on this project is Rp. 38,591,030,000 (Thirty-Eight Billion Five Hundred Ninety One million of Thirty Thousand Rupiah).

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 625.7 Yun p-1
Uncontrolled Keywords: Geometrik, Tebal perkerasan, Drainase
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 14 May 2020 03:52
Last Modified: 14 May 2020 03:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75984

Actions (login required)

View Item View Item