Desain Konseptual Marina Dengan Theory Of Constraint: Studi Kasus Pantai Boom Kabupaten Banyuwangi

Permana, I Gede Ketut Wiraputra (2016) Desain Konseptual Marina Dengan Theory Of Constraint: Studi Kasus Pantai Boom Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4411100001-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Banyuwangi memiliki berbagai macam potensi alam yang indah sebagai destinasi wisata. Di Indonesia saat ini dilihat dari kunjungan kapal-kapal wisata (yacht) yang datang juga meningkat. Maka dari itu salah satu pertimbangan melakukan pembangunan Marina di Pantai Boom Kabupaten Banyuwangi sangat berpotensi. Penelitian ini membahas tentang proses pembangunan Marina yang menggunakan metode Theory of Constraint dimana pembangunannya dibatasi oleh constraint, yaitu kondisi fisik lokasi Pantai Boom (dilokasi yang melakukan pengerukan sehingga posisi pelabuhan dekat dengan akses masuk, atau dilokasi yang membangun breakwater jika pelabuhan dibangun dipinggir pantai). Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah dengan total arus yang datang sebanyak 348 kapal pembangunan dermaga terbagi menjadi 3 Cluster dengan Cluster Small sepanjang 20 m dengan banyak dermaga 8, Cluster Large sepanjang 47 m dengan banyak dermaga 2, dan Cluster Super sepanjang 59 m dengan banyak dermaga 1 dan memiliki lebar 2 m. Selain fasilitas utama terdapat fasilitas lain berupa Dry Dock, dibangun 4 tempat yang akan melayani 40 kapal dalam 1 tahun, dermaga Homebase dibangun untuk 4 kapal dengan panjang dermaga 7 m dan lebar 2 m, hotel dengan konsep resort 15 bangunan, fasilitas hiburan, restaurant, serta transportasi terintegrasi. Dengan analisa Theory of Constraint biaya pembangunan dengan pengerukan sebesar Rp. 68.941.059.198 dan pembangunan dengan membangun breakwater sebesar Rp. 85.704.084.626, dengan itu menunjukan bahwa biaya pembangunan dengan pengerukan memiliki selisih Rp. 16.763.025.429 lebih murah. Dengan demikian dilihat dari nilai CBR dengan tingkat inflasi 3,5% maka nilai CBR pembangunan dengan pengerukan nilainya 1.075 sedangkan pembangunan dengan membangun breakwater nilainya 0.961. Maka Marina Boom di lokasi yang dilakukan pengerukan sangat berpotensi untuk pelabuhan yacht sedangkan dilokasi yang akan dibangun breakwater nilai CBRnya masih dibawah sama dengan 1 =================================================================================================== Banyuwangi has various kinds of beautiful natural potentials for tourism objects. In Indonesia itself, the yachts visits is also increasing nowadays. This potential is becoming one of a good reason to build a Marina at Boom beach, Banyuwangi regency. This research is discussing about the development of the Marina using the Theory Of The Constrant method, where it’s development is limited by constrant, which is the physical condition of Boom beach location (A location that dredging so that the position close to the port of entry, or a location that building a breakwater if the port is built off the coast). The results obtained from this study is the total current that comes as much as 348 boat pier construction is divided into three clusters with Cluster Small length of 20 m with many docks 8, Cluster Large round 47 m with many docks 2 and Cluster Super along 59 m with many docks 1 and has a width of 2 m. In addition to the main facilities there are other facilities such as Dry Dock, built 4 places which will serve 40 ships in one year, the pier Homebase built to 4 vessels with a quay length of 7 m and a width of 2 m, with the concept of resort 15 buildings, entertainment facilities, restaurant, and integrated transport. With Theory of Constraint analysis of the cost of construction by dredging Rp. 68,941,059,198 and development by building a breakwater Rp. 85,704,084,626, with it shows that the cost of construction by dredging has a difference of Rp. 16,763,025,429 cheaper. Thus viewed from the CBR with an inflation rate of 3.5%, the value of construction dredging CBR value is 1,075 while the construction by building a breakwater value 0961. So Marina Boom location dredged potential to harbor yacht while a location that will be built breakwater CBRnya still below the value equal to 1

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSTrL 551.457 Per d
Uncontrolled Keywords: Pelabuhan marina, Pantai Boom di Banyuwangi, Theory of Constraint
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC203.5 Coastal engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Sea Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 29 May 2020 02:10
Last Modified: 29 May 2020 02:10
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/76052

Actions (login required)

View Item View Item