Perbandingan Kontruksi Perkerasan Lentur Dan Perkerasan Kaku Serta Analisis Ekonominya Pada Proyek Frontage Road Sisi Barat Surabaya

Wardani, Ita Kusuma (2016) Perbandingan Kontruksi Perkerasan Lentur Dan Perkerasan Kaku Serta Analisis Ekonominya Pada Proyek Frontage Road Sisi Barat Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3113106035-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Semakin meningkatnya pergerakan penduduk, terutama peningkatan pergerakan kendaraan bermotor akan berkorelasi dengan tuntutan terhadap pemenuhan kebutuhan jalan. Pemerintah kota surabaya berupaya menanggulangi kemacetan lalu lintas kota terutama di pusat kota jl. Ahmad yani dengan jalan pembuatan frontage road sisi barat. Dalam tugas akhir ini bertujuan memberikan alternatif untuk pemerintah kota surabaya dalam pemilihan jenis perkerasan yang akan digunakan untuk jalan frontage road sisi barat tersebut dinilai dari segi kontruksi dan analisa ekonominya, ada 2 jenis perkerasan yang dapat digunakan yaitu perkerasan lentur dan perkerasan kaku dengan umur rencana 20 tahun untuk masing -masing jenis perkerasan. Dari hasil perhitungan didapat lapisan struktur perkerasan lentur dengan susunan lapis pondasi bawah (sirtu) = 48 cm, lapis pondasi atas agregat klas a = 20 cm, lapis aspal beton = 13 cm. Sedangkan untuk lapisan struktur perkerasan kaku dengan susunan lapis pondasi bawah (sirtu) = 48 cm, plat beton = 26 cm. Biaya kontruksi dan pemeliharaan yang dibutuhkan untuk masing-masing struktur dengan perhitungan umur rencana hingga 20 tahun mendatang adalah sebesar rp. 40.621.839.097,87 untuk perkerasan lentur dan rp. 49.127.513.796,33 untuk perkerasan kaku. Dengan demikian struktur perkerasan kaku dapat dipilih sebagai alternatife yang lebih ekonomis dilihat dari segi pemeliharaan dibandingkan dengan menggunakan perkerasan lentur ======================================================================================================= The increasing movement of people, especially improved movement of motor vehicles will be correlated with the demands of the fulfillment of the road. Surabaya City Government seeks to tackle the city's traffic congestion, especially in the downtown Ahmad Yani street with the manufactured west side of frontage road. In this final project aims to provide an alternative to city officials in choosing the type of pavement to be used for west side of frontage road is assessed in terms of construction and economic analysis, There are 2 types of pavement that can be used is a flexible pavement and rigid pavement with a 20 years age plan for each type of pavement. From the calculation result is obtained the flexible pavement structure subbase agregate (Sirtu) = 48 cm, agregate on base (layer Class A) = 20 cm, layer of asphalt concrete = 13 cm. As for rigid pavement layer structure with the composition of the subbase Aggregate (Sirtu) = 48 cm, concrete slab = 26 cm. Construction and maintenance costs required for each structure with the calculation of the 20 years age plan is Rp. 40.621.839.097,87 for flexible pavements and Rp. 49.127.513.796,33 for rigid pavement. Thus rigid pavement structure can be selected as an alternative that is more economicalin terms of maintenance than using a flexible pavement.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.8 War p
Uncontrolled Keywords: erkerasan lentur Perkerasan lentur, Perkerasan kaku, Frontage road, Analisis ekonomi
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 02 Jun 2020 03:46
Last Modified: 02 Jun 2020 03:46
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/76056

Actions (login required)

View Item View Item