Pengaruh Kedalaman Discontinuitas Sub Surface Terhadap Efektivitas Pendeteksian Dengan Metode Magnetic Particle Test Menggunakan Prod Pada Logam High Magnetic Permeability Di Kapal

Mahadi, Moch. Darul Salam (2016) Pengaruh Kedalaman Discontinuitas Sub Surface Terhadap Efektivitas Pendeteksian Dengan Metode Magnetic Particle Test Menggunakan Prod Pada Logam High Magnetic Permeability Di Kapal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4112100084-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Untuk mendeteksi adanya kerusakan atau cacat pada suatu material maka langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan pengujian tidak merusak (Non Destructive Test - NDT). Salah satu metode pengujian tidak merusak (NDT) yang sampai saat ini masih efisien dipakai adalah metode “ Magnetic Particle Test (MPT) “. Pengujian ini dimaksudkan untuk mendeteksi adanya cacat atau kerusakan terutama kerusakan yang berada dibawah permukaan suatu material (discontinuitas sub-surface). Dalam tugas akhir ini akan diteliti pengaruh kedalaman discontinuitas sub-surface terhadap efektivitas pendeteksian menggunakan metode Magnetic Particle Test khususnya pada logam yang memiliki high magnetic permeability di kapal. Pada penelitian ini dilakukan pengujian pada baja A36 yang telah diberikan cacat buatan dengan kedalaman yang bervariasi. Variasi kedalaman dari permukaan yang dibuat adalah 1 mm, 1.5 mm, 2 mm, 2.5 mm, 3 mm, 3.5 mm, 4 mm, 4.5 mm, 5 mm, 5.5 mm, 6 mm dan 6.5 mm. Kemudian dilakukan pengujian MPT pada sisi bagian luarnya dengan Dry Methode dan Wet Methode menggunakan partikel visible dan partikel fluorescent pada arus AC memakai Prod. Berdasarkan hasil pengujian dan analisa foto makro diketahui bahwa pengujian dengan metode kering, arus AC dengan partikel visibel dan flourescent kedalaman diskontinuitas maksimum yang masih dapat terlihat adalah 1 mm dari permukaan. Dengan menggunakan metode basah, arus AC dengan partikel visibel kedalaman maksimal yang masih dapat terlihat adalah 1.5 mm. Sedangkan dengan menggunakan partikel fluorescent, arus AC kedalaman maksimal adalah 2 mm. Secara umum partikel basah menunjukkan sensitivitas yang lebih baik daripada partikel kering. ======================================================================================================= Non Destructive testing (NDT) is a method to detect any defect in a material. One of the nondestructive test method is Magnetic Particle Test (MPT). MPT is used to detect any discontinuities, especially that are located below the surface of the material which are known as sub-surface discontinuities. The purpose of the final project is to examine the detectability of sub-surface defect that related to the effectiveness of the MPT method on a high magnetic permeability material. Using A 36 steel with artificial sub-surface defect that were located 1 mm, 1.5 mm, 2 mm, 2.5 mm, 3 mm, 3.5 mm, 4 mm, 4.5 mm, 5 mm, 5.5 mm, 6 mm, and 6.5 mm below the surface, this research explored the ability of MPT to detect the defects using visible and flourescent particles, dry and wet methods using AC current with prods. According to the test results and pothographics analysis, it was known that dry visible and flourescent particle combined with AC gave clear indication of detect located 1 mm below surface. Using wet visible particle with AC, the maximum depth which can be detected was 1.5 mm. Switching the particle into wet flourescent gave maximum indicator of 2 mm below the surface. In general, the wet particles showed better sensitivity than dry particles.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 620.112 78 Mah p
Uncontrolled Keywords: non destructive test, magnetic particle test, visible magnetic particle, flourescent magnetic particle, dry method, wet method, prod, yoke
Subjects: Q Science > QC Physics > QC765 Magnetic materials
V Naval Science > VC Naval Maintenance
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 11 Jun 2020 03:13
Last Modified: 11 Jun 2020 03:13
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/76136

Actions (login required)

View Item View Item