Studi Eksperimen Pengeruh Variasi Kecepatan Putaran Kompresor Pada Sistem Pengkondisian Udara Dengan Pre-Cooling

Ibrohim, Fariz (2016) Studi Eksperimen Pengeruh Variasi Kecepatan Putaran Kompresor Pada Sistem Pengkondisian Udara Dengan Pre-Cooling. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
2114105010-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negara beriklim tropis dimana temperatur udaranya cukup tinggi sehingga penggunaan akan sistem pendingin dan pengkondisian udara (Air Condtioning) sangatlah di butuhkan. Eksperimen kali ini adalah memodifikasi sistem pengkondisian udara biasa menjadi sistem yang baru dengan 2 (dua) unit evaporator dan 1 (satu) unit outdoor serta ditambah pre-cooling yang bertujuan untuk menaikkan performa dari sistem pengkondisian udara. Salah satu cara menaikkan perfroma sistem pengkondisian yang sudah dimodifikasi adalah dengan cara menvariasikan kecepatan putaran kompresor sehingga didapatkan performa yang maksimum. Memvariasi kecepatan putaran kompresor yang akan berdampak pada berubahnya mass flow rate refrigeran sehingga kapasitas kondensor dan kapasitas evaporator akan berubah. Oleh karena itu, eksperimen ini akan melakukan variasi pada sistem modifikasi yang sama dengan 5 (lima) kecepatan putaran kompresor yang berbeda, yaitu: 1800 rpm, 2100 rpm, 2400 rpm, 2700 rpm dan 3000 rpm. Ekpermen ini akan dilakukan pada masin-masing kecepatan fan evaporator dengan pengambilan data 20 kali pada 13 titik pengukuran untuk sekali variasi. Hasil yang didapat dari studi eksperimen pengaruh variasi kecepatan putaran kompresor pada sistem pengkondisian udara dengan precooling memiliki performa untuk kecepatan fan low COP sebesar 5,097 dan HRR sebesar 1,175, untuk kecepatan fan medium COP sebesar 5,103 dan HRR sebesar 1,176, dan untuk kecepatan fan low COP sebesar 5,201 dan HRR sebesar 1,175. Performa maksimum baik untuk kecepatan fan low, medium, dan high dari sistem yang telah dimodifikasi tersebut dicapai pada kecepatan putaran 3000 rpm dengan performa efisiensi kompresor adalah 73%, COP thermal adalah 5,09, COP elektrik adalah 4,39, HRR adalah 1,17, effectiveness 0,66 dan NTU 1,56 ============================================================================================ Indonesia is known as a tropical country which has a quiet high temperature, thus the use of cooling system and air conditioning is absolutely needed. In this experimental study, tried to modify ordinary air conditioning system to be a new one by 2 (two) evapotaror units with 1 (one) outdoor unit and adding precooling which was to increase the performance of air conditioning system. One of ways to increase the performance of air conditioning system, which has been modified, is by varying its compressor rotation speed so that the performance of air conditioning system is in maximum. Varying compressor rotation speed will affect changes in refrigerant mass flow rate. That condition also makes changes both in condenser capacity and evaporator capacity. Therefore, in this experiment, varied modification system which was similar to 5 various compressor rotation speeds, which was 1800 rpm, 2100 rpm, 2400 rpm, and 3000 rpm. This experiment was done in each fan evaporator speed. The writer took up to 20 data with 13 measurement point for 1 variation. The result of this experimental study showed that the performance of air conditioning system reached its fan low speed up to 5,097 of COP, and 1,175 of HRR; fan medium speed reached up to 5,103 of COP and 1,176 of HRR; and fan high speed reached up to 5,201 of COP and 1,175 of HRR. Maximum performance in fan low speed, fan medium speed, and fan high speed from those modified systems were resulted from 3000 rpm of rotation speed with the performance compressor efficiency up to 73%, 5,09 of COP thermal, 4,39 of electric COP, 1,17 of HRR, 0,66 of effectiveness 0,66 and 1,56 of NTU

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 697.93 Ibr s
Uncontrolled Keywords: Sistem pengkondisian udara, modifikasi, kecepatan putaran kompresor, performa
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL681.A5 Air conditioning (Aeronautics )
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 11 Jun 2020 02:34
Last Modified: 11 Jun 2020 02:34
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/76139

Actions (login required)

View Item View Item