Perancangan Dan Analisa Sistem Kemudi Narrow Tilting Vehicle Dengan Variasi Trackwidth Terhadap Gerakan Kinematika Suspensi

Adzanta, Idestrian (2016) Perancangan Dan Analisa Sistem Kemudi Narrow Tilting Vehicle Dengan Variasi Trackwidth Terhadap Gerakan Kinematika Suspensi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 2112100171-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2112100171-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring bertambahnya jumlah penduduk di suatu kota
menyebabkan peningkatan pada jumlah kendaraan. Hal ini
menyebabkan kepadatan lalu lintas yang menjadi masalah besar
bagi penduduknya. Saat terjadi kemacetan, pergerakan menjadi
terbatas khususnya pada mobil yang memiliki dimensi yang lebih
lebar dibandingkan motor. Salah satu solusi untuk kondisi tersebut
adalah dengan membuat desain kendaraan yang kecil, aman, dan
irit bahan bakar yaitu dengan membuat kendaraan narrow tilting
vehicle. Namun, semakin kecil desain kendaraan akan
mempengaruhi stabilitas kendaraan sehingga tugas ahkir ini
bertujuan untuk menganalisa sistem kemudi pada narrow tilting
vehicle. Sistem kemudi dan suspensi merupakan salah satu aspek
penting dalam perancangan kendaraan yang berpengaruh besar
terhadap kestabilan juga keamanan.
Langkah awal yang dilakukan dalam proses perancangan
sistem kemudi adalah membuat rancangan 3D sistem kemudi pada
software Solidworks. Pendekatan yang digunakan pada
perancangan ini adalah melakukan simulasi kinematik dari sistem
kemudi dengan variasi trackwidth sebesar 800 mm, 1000 mm dan
1200 mm. Selain itu diberikan variasi berupa panjang knuckle dan
panjang hub steering untuk mengetahui pengaruhnya terhadap
sudut belok menurut prinsip Ackerman. Kemudian dari masingmasing
trackwidth akan dianalisa sudut camber yang dihasilkan
dengan variasi panjang upper arm agar kendaraan tetap aman dan
nyaman.
Pada tugas ahkir ini hasil analisa yang didapatkan adalah
konfigurasi trackwidth yang sesuai dengan prinsip belok Ackerman
dicapai pada trackwidth 1000 mm dengan panjang knuckle 134 mm
dan panjang hub steering 139.64 mm. Rancangan tersebut
menghasilkan sudut belok roda dalam(δi) 38̊ dan sudut belok roda
luar(δo) sebesar 27̊. Untuk variasi panjang upper arm pada
trackwidth 1000 mm digunakan upper arm dengan panjang 457.5
mm yang menghasilkan sudut camber ± 0.6̊
==============================================================================================
With an increasing number of people in a city led to an
increase in the number of vehicles. This causes traffic density is a
big problem for its residents. When congestion occurs, the
movement becomes limited, especially on the car that has a
dimension that is wider than the motor. One solution to these
conditions is by making a small vehicle design, safety and fuel
economy is to create a narrow vehicle tilting vehicle. However,
the smaller the vehicle design will affect the stability of the vehicle
so the final task was to analyze the narrow tilting steering system
on the vehicle. Steering and suspension systems are the important
aspects in the design of vehicles that will greatly affect the stability
of the security also.
The initial steps in the design process are designing the
steering system steering system on software 3D Solidworks. The
approach used in this design is to simulate the kinematics of the
steering system with trackwidth variation of 800 mm, 1000 mm
and 1200 mm. Moreover given the variation in the form of longhub
steering knuckle and length to determine their effects on the
corner turn according to Ackerman principle. Then from each
trackwidth will be analyzed camber angle produced by the
variation in the length of the upper arm in order to remain safe and
comfortable vehicle.
In this final project analysis results obtained are trackwidth
configuration in accordance with the principle of Ackerman
achieved on trackwidth knuckle length 1000 mm with 134 mm and
a length of 139.64 mm steering hub. The design of the inner wheel
turning angle resulted(δi) 38̊ and the outer wheel turning angle(δo)
27̊. For upper arm length variation on trackwidth 1000 mm use the
upper arm with a length of 457.5 mm which produces camber
angle ± 0.6

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.247 Adz p
Uncontrolled Keywords: Sistem kemudi, narrow three vehicle,kinematika suspensi, prinsip Ackerman, sudut camber
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL152.5 Motor vehicles Driving
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257 Springs and suspension
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 23 Jun 2020 05:09
Last Modified: 23 Jun 2020 05:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76204

Actions (login required)

View Item View Item