Studi Eksperimen Dan Numerik Optimasi Posisi Vortex Generator Untuk Mereduksi Aliran Sekunder Dekat Endwall Pada Airfoil British 9C7/32.5C50 ( Studi Kasus Pada

Lillahulhaq, Zain (2016) Studi Eksperimen Dan Numerik Optimasi Posisi Vortex Generator Untuk Mereduksi Aliran Sekunder Dekat Endwall Pada Airfoil British 9C7/32.5C50 ( Studi Kasus Pada. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2112100078-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2112100078-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Aliran fluida yang melintasi permukaan airfoil dekat
endwall akan menimbulkan separasi 3 dimensi. Kondisi tersebut
akan menimbulkan total pressure losses (ζ) pada daerah exit.
Penambahan vortex generator pada upper airfoil di dekat endwall
dapat mereduksi total pressure losses. Pada penelitian ini akan
dikaji tentang optimasi penempatan vortex generator pada airfoil
terhadap perubahan sudut serang. Variasi posisi voretex generator
pada berbagai sudut serang bertujuan untuk mereduksi sparasi
aliran 3 dimensi secara optimal.
Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dan
numerik. Model benda uji berupa airfoil British 9C7/32.5C50
yang terpasang pada endwall (pelat datar). Penambahan vortex
generator di dekat endwall dengan jarak ZVG = 4 % C dan sudut
(β) = 14˚. Variasi jarak vortex generator terhadap leading edge
yaitu XVG = 30% C, 35% C, 40 % C, 45 % C dan 50 % C.
sedangkan angle of attack divariasikan pada α = 12° dan 14˚.
Bilangan Reynolds yang digunakan adalah Rec = 1.14 x 105
.
Pengujian secara eksperimen dilakukan dengan metode oil flow
visualization (OFV). Sedangkan pemodelan numerik dilakukan
mengunakan software Gambit 2.4 dan Fluent 6.3.26 dengan
model 3D-steady flow dengan menggunakan turbulent viscous
standard k-epsilon (SKE). Hasil penelitian diketahui bahwa penambahan vortex
generator pada upper surface dari airfoil dapat meningkatkan
intensitas turbulensi aliran. Sehingga separasi 3 dimensi yang
terjadi di upper surface airfoil dekat endwall dapat ditunda dan
effective area semakin bertambah luas. Hal ini dapat mereduksi
kerugian energi yang membuat koefisien lift (CL) meingkat,
koefisien drag (CL) menurun dan total pressure losses coefficient
(ζ) menurun. Pereduksian energi paling optimal pada

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.134 32 Lil s
Uncontrolled Keywords: Airfoil british 9C7?32.5C50
Subjects: Q Science > QC Physics > QC151 Fluid dynamics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 29 Jun 2020 02:07
Last Modified: 29 Jun 2020 02:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76240

Actions (login required)

View Item View Item