Sistem Pengendalian Suspensi Semi-Aktif Variable Stiffness & Variable Damping (Vsvd) Dengan Menggunakan Full State Feedback Control & Pid Kontroller

Nugroho, Yunias Rizki (2016) Sistem Pengendalian Suspensi Semi-Aktif Variable Stiffness & Variable Damping (Vsvd) Dengan Menggunakan Full State Feedback Control & Pid Kontroller. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
2114105048-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kenyamanan sebuah kendaraan merupakan hal yang menjadi pertimbangan penting dalam mendesain dan memilih sebuah kendaraan. Hal tersebut yang menjadi tantangan bagi para desainer untuk mengembangkan suatu model sebuah kendaraan yang memiliki tingkat kenyamanan yang baik. Sistem suspensi merupakan komponen utama pada sebuah kendaraan yang berfungsi untuk menjaga kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Desain suspensi yang baik dapat memberikan kenyamanan yang baik dalam berkendara. Suspensi aktif merupakan salah satu terobosan yang luar biasa di dalam dunia otomotif untuk meningkatkan kualitas kenyamanan dalam suatu kendaraan. Kekurangan dari aktif suspensi adalah penggunaan energi yang besar dalam pengoperasiannya. Suspensi semi-aktif merupakan sebuah alternatif yang dapat digunakan untuk memperoleh tingkat kenyamanan yang baik namun memiliki konsusmsi energi yang cukup rendah dibanding suspensi aktif. Hasil dari penelitian sebelumnya telah didapatkan model konstruksi sistem suspense semi aktif Variable Stiffness & Variable Damping (VSVD). Sistem suspensi VSVD adalah jenis sistem suspensi yang mampu merubah nilai dari k ekivalen (keq) dengan cara merubah koefisien dari peredamnya (Magnetorheological damper). Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, telah dapat disimpulkan bahwa system suspense VSVD mampu memiliki performa yang lebih baik daripada suspense pasif, namun sampai saat ini masih sedikit yang membahas bagaimana cara mengendalikan suspensi VSVD tersebut. Pada penelitian tugas akhir ini dibahas tentang bagaimana cara mendesain sistem kendali untuk suspensi VSVD dengan menggunakan full state feedback control dan PID controller agar didapat performa kenyamanan yang lebih baik daripada sistem suspensi pasif. Hasil dari simulasi dan pemodelan tersebut didapatkan hasil bahwa suspensi semi aktif VSVD memiliki performa lebih baik daripada suspensi pasif. hal tersebut dapat dilihat dari hasil simulasi dengan kecepatan 100 km/jam sistem suspensi semi-aktiv VSVD dengan controller memiliki RMS percepatan sebesar 0,2046 m/s2 dan defleksi maksimum dari . sedangkan RMS percepatan pada suspensi pasif adalah sebesar 1,6 m/s2 ============================================================================================== The comfort of a vehicle which is an important consideration in designing and choosing a vehicle. Which is a challenge for designers to develop a model of a vehicle that has a good level of comfort. The suspension system is a major component in a vehicle that serves to maintain the comfort and safety in driving. Good suspension design can provide good comfort in driving. Active suspension is a tremendous breakthrough in the automotive world to improve the quality of comfort in a vehicle. Disadvantages of active suspension are the use of energy in its operation. the semi-active suspension is an alternative that can be used to obtain a good level of comfort but has enough energy consumption lower than the active suspension. Research on semi-active suspension has a lot to do with engineers and designers have found construction model of semi-active suspension system who called Variable stiffness and variable damping (VSVD). The uniquely of VSVD system is ability to change the value of k equivalent (k eq)of suspension by changing the damping coefficient. Several studies have been conducted to prove that the system suspense VSVD able to have a better performance than passive suspense, but until now little has discussed how the VSVD control suspense. In this final-Project discuss how to design a control system for a suspension VSVD using full state feedback control and PID controller. The results of the simulation and modeling show that the semi-active suspension VSVD have a better performance than the passive suspension. it can be seen from the simulation results on road conditions with the roughness of 4.9 x 10-6 and with a speed of 100 km/h semi-active suspension system with controller VSVD has an RMS acceleration of 0.2046 m/s2 whereas RMS acceleration in passive suspension is 1.6 m / s2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.831 2 Nug s
Uncontrolled Keywords: Kenyamanan, suspensi semi-aktif VSVD, magnetorheological damper, PID controller, full state feedback
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223 PID controllers
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 30 Jun 2020 07:19
Last Modified: 30 Jun 2020 07:22
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/76260

Actions (login required)

View Item View Item