Analisis Perancangan Sistem Suplai Daya Pada Kendaraan Produksi Pertanian Multiguna Pedesaan

Rifa’i, Muchlis (2016) Analisis Perancangan Sistem Suplai Daya Pada Kendaraan Produksi Pertanian Multiguna Pedesaan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 2111100057-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2111100057-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (950kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia industri otomotif dan teknologi
mengalami kemajuan yang sangat pesat. Berbagai macam
teknologi telah ditemukan dalam upaya memberikan kendaraan
dengan fungsi yang tepat untuk masyarakat. Salah satu kebutuhan
masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan adalah kebutuhan
akan alat pengolah hasil panen. Karena jarak dari satu desa ke
desa lainnya yang relatif jauh, maka akan lebih efisien jika
dikembangkan suatu mobil multiguna dimana alat pengolah hasil
panen masyarakat tersebut dapat dipasang pada mobil ini.
Kendaraan yang menggabungkan dua sumber tenaga penggerak
adalah kendaraan hybrid. Hybrid adalah sebuah sistem dengan
menggunakan dua atau lebih sumber tenaga penggerak.
Mobil Multiguna merupakan kendaraan hybrid seri
multiguna yang didesain oleh mahasiswa Teknik Mesin ITS.
Analisa yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui daya
maksimal kendaraan. Adapun daya maksimal kendaraan
diperkirakan dalam keadaan mobil multiguna berjalan dan alat
pada mode dinamis dalam hal ini freezer dalam penggunaan. Pada
tugas akhir kali ini akan dilakukan analisa kebutuhan daya
maksimal kendaraan hybrid seri multiguna yang menggabungkan
mesin dengan bahan bakar bensin dan motor listrik sebagai
penggerak. Akan dilakukan pula analisa sistem manajemen daya
sesuai moda operasi mobil multiguna nantinya. Sehingga mampu
menghasilkan kendaraan multiguna yang hemat energi, ramah
lingkungan serta berguna bagi masyarakat pedesaan.
Pada tugas akhir ini didapatkan kesimpulan kebutuhan daya
motor listrik, kebutuhan baterai serta spesifikasi engine/generator
yang sesuai dengan kebutuhan daya kendaraan multiguna serta
didapatkan pula rekomendasi variasi mode berkendara sesuai
pemodelan dengan software simulasi dimana pada kondisi statis
terdapat 2 mode yaitu battery only dan engine only serta pada
kondis dinamis terdapat 3 mode yaitu battery only, engine only
dan hybrid
============================================================================================
The development of automotive industry and technology is
progressing rapidly. Various technologies have been found in an
effort to provide vehicles with the proper function for community.
One of the needs of the community, especially the rural
communities is the need for yields processor. The distance
between one village to another relatively far, it would be more
efficient to develop a multipurpose car where processing devices
can be mounted on the car. Hybrid is a system using two or more
sources of propulsion.
Multipurpose agricultural production vehicles is a series
hybrid vehicles designed by mechanical engineering student of
ITS. The analysis aimed to find out the maximum power of the
vehicle. The maximum power of the vehicle is expected while the
car runs and the freezer being used. At the end of this final project
will be carried out the maximum power of multipurpose
agricultural production vehicles which the power source is
coming from both gas powered engine and electric motor. The
analysis of the suitable power management will be carried out as
well. So the mutipurpose car will be efficient in the use of energy,
environmentally friendly and useful for rural communities.
The conclusion of this final project is the electric motor
requirements, engine/generator in accordance of the power
requirements, battery needs and also the recommendation of
driving mode variation in accordance to modeling simulation
where there are 2 modes in static condition, battery only and
engine only. While there are 3 modes in dynamic condition,
battery only, engine only and hybrid

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.229 3 Rif a
Uncontrolled Keywords: Kendaraan Multiguna, series-hybrid, manajemen daya, variasi mode kendaraan, pemodelan simulink
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220 Electric vehicles and their batteries, etc.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 01 Jul 2020 05:56
Last Modified: 01 Jul 2020 05:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76272

Actions (login required)

View Item View Item