Analisa Sistem Pengereman CBS (Combi Brake System) Pada Motor Honda Beat 110 ESP CBS ISS Dengan Kondisi Jalan Datar Dan Menurun

Suryaatmaja, Alan (2016) Analisa Sistem Pengereman CBS (Combi Brake System) Pada Motor Honda Beat 110 ESP CBS ISS Dengan Kondisi Jalan Datar Dan Menurun. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2110100006-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan teknologi yang semakin canggih membuat banyak perusahaan terus melakukan inovasi salah satunya adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Setiap kendaraan dilengkapi dengan sistem pengereman masing-masing. Pengereman pada motor mempunyai fungsi memperlambat laju motor hingga motor berhenti. Dalam proses perlambatan laju motor dibutuhkan kestabilan, dimana salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kestabilan menggunakan sistem pengereman CBS, yakni sistem pengereman menggunakan tuas rem kiri dan kanan dihubungkan oleh kabel. Ketika tuas rem kiri ditekan, rem kanan akan ikut bekerja. Hal ini menyebabkan kendaraan menjadi lebih stabil saat dilakukan pengereman. Sistem pengereman ini dapat digunakan untuk memperpendek jarak pengereman dengan kontribusi kedua rem (rem depan dan belakang) didalamnya. Dalam tugas akhir ini dilakukan analisa sistem pengereman antara rem depan dan belakang pada kendaraan Honda Beat 110 eSP CBS ISS dengan kondisi jalan menurun dan belok. Serta dilakukan analisa jarak pengereman dan kestabilan arah dari kendaraan tersebut. Analisa dilakukan dengan dua cara, secara perhitungan (teoritis) dan percobaan (actual). perhitungan teoritis disini adalah dibutuhkan oleh sistem, dimana seluruh elemen yang digunakan dianggap dalam keadaan berfungsi secara baik dan prima. Sedangkan yang dimaksud percobaan aktual adalah diberikan oleh sistem, dimana keadaan elemen yang digunakan bisa saja tidak sama atau kurang sesuai dengan standarnya. Variasi percobaan dilakukan berdasarkan tingkat kecepatan dan keadaan jalan. Tingkat kecepatan yang digunakan dari kecepatan 10 km/h sampai dengan kecepatan 50 km/h dengan interval 10 km/h. sementara keadaan jalan datar, jalan menurun 9º dan jalanan menurun dibelokan dengan radius belok 30,20 m. Dari hasil yang didapat pada analisa distribusi pengereman pada jalanan menurun dan datar nilai Kbr yang diberikan sistem lebih kecil daripada yang dibutuhkan sistem maka kendaraan akan cenderung oversteer (skid pada ban belakang). Sementara pada analisa perbandingan jarak pengereman pada jalan menurun dan datar menunjukkan bahwa jarak pengereman dengan tuas rem kiri (CBS) lebih kecil dibandingkan jarak pengereman dengan tuas rem kanan (cakram). Maka untuk mendapatkan Kbr dan Kbf yang sesuai dengan kebutuhan sistem maka dilakukan pengeriman dengan kedua tuas. Terakhir, pada analisa perbandingan kestabilan arah kendaraan saat rem pada jalanan menurun dan datar dibelokan fungsi kecepatan dan kondisi jalan didapatkan hasil yang hampir sama antara teoritis dan aktual, bahwa kendaraan akan mengalami skid belakang pada kecepatan 30 km/jam dan diatasnya. ================================================================================================================== The increasing of sophisticated technology makes many companies that have been engaged with technology are doing more innovation. One of those companies is a company that has been engaged in the automotive field. Each vehicle is equipped with a braking system respectively. Braking system on a motor has the function of slowing the pace of the motor until the motor stops. In the process of slowing down the pace, a motor needed a stability, where one of the efforts being made to improve the stability using CBS braking system, the braking system uses brake lever left and right both are connected by wires. When the left brake lever is pressed, the brake will be working right. This causes the vehicle to be more stable when does a brake. This braking system may be used to shorten braking distances, contributing both brakes (front and rear brakes) inside. In this thesis, the researcher will be analyzed the braking system between the front and rear brakes on the vehicle Honda Beat 110 ESP CBS ISS on a road which has a declining conditions and sharp bends. As well as to analyze the braking distance and direction of the vehicle stability. The analysis was done in two ways, by the calculation (theoretical) and experimental (actual). The theoretical calculation here is required by the system, in which all elements are used and considered in a state of well functioning and vibrant. While the definition of an actual experiment is given by the system, where the state of the elements that is used could not be equal or less in accordance with the standard. Variations experiments were conducted based on the level of speed and road conditions. A high rate of use of a speed of 10 km / h up to speeds of 50 km / h with an interval of 10 km / h. while the state of the flat, downhill road and street 9º is being deflected and decreased by 30.20 m turning radius. From the results that will be obtained in the analysis of the distribution of braking system on the road with declining conditions and straight flat. The Kbr value has given a smaller system than the system needs. So that the vehicle will tend to oversteer (rear tire skid on). While the analysis of comparable braking distances on downhill and flat road shows that the braking distance with the left brake lever (CBS) is smaller than the distance braking with brake lever right (disc). So to get Kbr and KBF that suits our need. We need to do two levers braking system. Finally, on a comparative analysis of the stability of the direction of the vehicle when the brakes on the road in declining and straight flat conditions is being deflected. The function of the speed and road conditions obtained similar results between theoretical and actual, that the vehicle will experience a skid behind at a speed of 30 km / h and above.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.246 Sur a
Uncontrolled Keywords: ESP CBS ISS, Jarak pengereman, Stabilitas kendaraan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ669.B7 Locomotive brakes
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 02 Jul 2020 03:38
Last Modified: 02 Jul 2020 03:38
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/76280

Actions (login required)

View Item View Item